Panglima : Kehadiran Tenaga Kesehatan TNI Sangat Krusial di Tengah Pandemi Covid-19

Tim Okezone, Okezone · Kamis 28 Januari 2021 14:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 28 337 2352396 panglima-kehadiran-tenaga-kesehatan-tni-sangat-krusial-di-tengah-pandemi-covid-19-coFCFHsjHs.jpg Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat melantik perwira prajurit karier TNI khusus tenaga kesehatan. (Foto : Puspen TNI)

JAKARTA - Kehadiran tenaga kesehatan TNI sangat krusial di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Itu karena pandemi Covid-19 telah membuat disrupsi dengan dampak yang belum pernah dirasakan sebelumnya, salah satu aspek yang terdampak paling besar adalah pelayanan kesehatan.  

Hal tersebut disampaikan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat melantik dan mengambil sumpah 164 Perwira Prajurit Karier TNI khusus Tenaga Kasehatan Tahun 2021, yang dilaksanakan secara virtual (video conference) di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (28/1/2021).  

Sebanyak 164 perwira prajurit karier itu terdiri atas TNI AD 100 personel, TNI AL 42 personel, dan TNI AU 22 personel.  

“Sejak awal tenaga kesehatan TNI sudah berperan sebagai ujung tombak dalam penanganan pandemi Covid-19, dan perlu diperkuat oleh tenaga kesehatan TNI di 109 Rumah Sakit TNI serta beberapa fasilitas kesehatan penanganan pasien Covid-19 lainnya,” ujarnya, dalam keterangan tertulis yang diterima.

Menurutnya, di tengah berbagai kesulitan pada awal 2021 memberi harapan baru dengan kehadiran vaksin Covid-19, program vaksinasi nasional juga memerlukan partisipasi dan sinergi semua pihak agar hasilnya optimal. 

“Di sinilah peran tenaga kesehatan kembali dibutuhkan agar program ini dapat berjalan sesuai rencana, sebagai bentuk kontribusi nyata TNI dalam menyukseskan program nasional ini, 164 perwira Prajurit Karir TNI khusus Tenaga Kesehatan saya lantik menjadi Perwira pada hari ini,” ucap Panglima TNI.   

Baca Juga : Panglima TNI Pimpin Laporan Kenaikan Pangkat 22 Jenderal, Ini Daftarnya

“Prasetya Perwira atau pelantikan Perwira merupakan pintu gerbang menuju medan tugas, sumpah untuk memenuhi kewajiban kepada bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, berarti para Perwira akan mempersembahkan yang terbaik dalam pengabdiannya,” kata Panglima TNI.

Marsekal Hadi Tjahjanto menekankan, kepada para perwira yang baru dilantik untuk selalu berpegang teguh kepada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI serta senantiasa mengembangkan potensi diri menjadi perwira yang adaptif, profesional yang membawa kemajuan untuk TNI ke depannya.

“Untuk itu selalu tingkatkan kemampuan komunitas kerja sama dan bersinergi dengan berbagai komponen bangsa dalam upaya bersama dalam menangani pandemi dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” tuturnya.

Baca Juga : Panglima TNI Mutasi Jabatan 50 Perwira Tinggi, Berikut Daftarnya

Upacara pelantikan dan pengambilan sumpah Perwira Prajurit Karier TNI khusus Tenaga Kesehatan yang dilaksanakan secara virtual tersebut diwakili 17 Perwira perwakilan dari TNI AD, TNI AL dan TNI AU. Sedangkan prajurit yang disumpah lainnya mengikuti upacara dari Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah.

Lulusan terbaik dari matra Darat diraih oleh Letda Ckm drg Agung Ariesta Dheona, Matra Laut diraih oleh Letda Laut (K) dr Stevano Mengko dan Matra Udara diraih oleh Letda Kes dr Eka Pramudita. Sedangkan lulusan terbaik untuk kategori Wanita TNI diraih oleh Letda Ckm (K) drg Junita Briskila dari Matra Darat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini