Usut Korupsi Asabri, Kejagung Periksa 2 Pejabat OJK

Erfan Maaruf, iNews · Rabu 27 Januari 2021 22:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 27 337 2352021 usut-korupsi-asabri-kejagung-periksa-2-pejabat-ojk-Z9O8WDpwOr.jpg Kejagung (Foto: Okezone)

JAKARTA - Penyidikan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jam Pidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung) melakukan pemeriksaan terhadap dua orang pejabat di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi PT Asabri.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Puspenkum) Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak mengatakan ada sebanyak empat orang yang diperiksa dalam kasus dugaan korupsi PT Asabri. Dua di antaranya adalah pejabat di OJK.

"IPS selaku Kabag Kepatuhan Pengelolaan Investasi DPIV OJK Tahun 2016-sekarang dan IDN selaku Kabag Pengawasan Perdagangan 3 pada Direktorat Pengawasan Transaksi Efek OJK," kata Leonard dalam keterangan tertulis, Rabu (27/1/2021).

Baca Juga: Kejagung Telusuri Aset Negara Dalam Dugaan Korupsi PT Asabri

Lebih lanjut, dia mengatakan, dua orang yang diperiksa lainnya yakni SDL selaku pegawai Asabri dan TA selaku Direktur Utama PT Asia Raya Kapital.

"Pemeriksaan saksi dilakukan guna mencari fakta hukum dan mengumpulkan alat bukti tentang tindak pidana korupsi yang terjadi pada PT Asabri," jelasnya.

Hingga saat ini, tercatat sebanyak 28 orang diperiksa dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi PT Asabri. Salah satu di antara adalah mantan direktur PT Asabri.

Baca Juga: Mantan Dirut Asabri Diperiksa Terkait Dugaan Korupsi dan TPPU

Jaksa Agung ST Burhanuddin menyebut, terdapat 7 orang yang telah masuk dalam calon tersangka kasus dugaan korupsi. Pihaknya masih menunggu perhitungan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk memastikan kerugian negara dalam tindak pidana korupsi tersebut.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini