Gempa Lampung M5,4 Dirasakan di Enam Daerah Bengkulu

Demon Fajri, Okezone · Rabu 27 Januari 2021 18:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 27 337 2351932 gempa-lampung-m5-4-dirasakan-di-enam-daerah-bengkulu-PLOHSjZZE0.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

BENGKULU - Gempa tektonik dengan Magnitudo (M) 5,4 mengguncang Pesisir Barat, Provinsi Lampung, Rabu (27/1/2021), pukul 17.40 WIB. Gempa Lampung yang berlokasi di 20 kilometer (Km) Barat Laut itu pada kedalaman 10 kilometer (Km).

Di mana Gempa Lampung dengan episenter terletak pada koordinat 5.13 Lintang Selatan (LS) dan 103.76 Bujur Timur (BT) itu dirasakan hingga Provinsi Bengkulu. Seperti di Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kabupaten Kaur, dengan skala intensitas III MMI.

Lalu, Kota Bengkulu, Kabupaten Seluma, Rejang Lebong dan Kabupaten Kepahiang, dengan skala intensitas II-III MMI. Kemudian di Liwa, Krui, Sekicau dan Lampung Barat, III MMI, Tanggamus dan Way Kanan, Lampung dengan skala intensitas II MMI.

Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Kepahiang, BMKG Bengkulu, Litman mengatakan, gempa yang terjadi di Pesisir Barat, Lampung, merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif.

Baca Juga: Gempa Lampung M5,4 Terasa hingga Bengkulu, Kedalaman 10 Km

Di mana hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan, bahwa gempa memiliki mekanisme pergerakan oblik naik (Thrust Fault Oblique).

''Gempa tidak berpotensi tsunami. Gempa ini juga dirasakan masyarakat disejumlah daerah di Bengkulu, dengan skala intensitas dari II - III MMI,'' kata Litman, saat dikonfirmasi, Rabu (27/1/2021).

Hasil monitoring BMKG hingga pukul 18.20 WIB, kata Litman, adanya 2 aktivitas gempa susulan (aftershock). Selain itu, kata Litman, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan sebagai dampak gempa yang berpusat di Pesisir Barat.

''Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,'' pungkas Litman.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini