Berikut Sumpah Jenderal Listyo Sigit saat Didapuk Jadi Kapolri

Fahreza Rizky, Okezone · Rabu 27 Januari 2021 09:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 27 337 2351518 berikut-sumpah-jenderal-listyo-sigit-saat-didapuk-jadi-kapolri-flTKvUslkr.jpg Foto: tangkapan layar

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/1/2021). Ia menggantikan menggantikan Jenderal Idham Azis yang memasuki masa pensiun.

Berdasarkan MNC Portal Indonesia, Listyo nampak tenang saat menjalani prosesi pelantikan tersebut. Acara ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 5 Polri Tahun 2021 tentang Pengangkatan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Baca juga:  Listyo Sigit Prabowo Resmi Jadi Kapolri

Selanjutnya, Presiden Jokowi mengambil sumpah jabatan kepada Listyo dan diikuti olehnya. "Demi Tuhan Yang Maha Esa, saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh. Bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD NRI 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara," kata Jokowi diikuti Listyo.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan, akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja sebaik-baiknya, dan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menunjung tinggi Tribrata," sambung Jokowi.

Baca juga:  Ini 8 Komitmen Kapolri Jenderal Listyo Sigit 

Presiden Jokowi dan Listyo kemudian menandatangani berita acara pengangkatan sumpah jabatan yang disaksikan oleh sejumlah pejabat negara.

Presiden Jokowi kemudian resmi menaikkan pangkat Listyo Sigit Prabowo menjadi bintang empat atau jenderal berdasarkan Keppres Nomor 7 Polri Tahun 2021 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira Tinggi Polri. Kepala Negara lalu menyematkan pangkat bintang empat kepada Listyo.

Sebagaimana diketahui, Listyo Sigit Prabowo menjadi calon tunggal Kapolri yang diusulkan Presiden Jokowi ke DPR. Anggota dewan kemudian melakukan fit and proper test. Seluruh fraksi menyetujui dan mengesahkan usulan Presiden Jokowi ini.

Saat menjalani fit and proper test di DPR, Listyo memaparkan visinya untuk mewujudkan Polri yang Presisi (prediktif, responbilitas, transpanransi dan keadilan).

Listyo Sigit Prabowo adalah perwira tinggi Polri yang lahir pada 5 Mei 1969 atau berusia 51 tahun. Berbagai jabatan strategis di Korps Bhayangkara pernah didudukinya, seperti Kabareskrim, Kadiv Propram, Kapolda Banten, Ajudan Presiden RI Joko Widodo dan Kapolresta Solo. Perwira yang malang melintang di dunia reserse ini juga merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1991.

Sejumlah kasus besar yang pernah ditanganinya antara lain penangkapan buronan Maria Lumowa yang merupakan tersangka kasus pembobolan Bank BNI hingga Rp1,7 triliun. Ia juga meringkus buronan Djoko Tjandra, beserta kasus-kasus lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini