Kasus Covid-19 Tembus 1 Juta, Menkes Ungkap 2 Cara Tekan Laju Kasus

Fahreza Rizky, Okezone · Selasa 26 Januari 2021 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 26 337 2351272 kasus-covid-19-tembus-1-juta-menkes-ungkap-2-cara-tekan-laju-kasus-udfdGkrHSE.jpg Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Foto : Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan 2 cara untuk menekan laju kasus virus corona (Covid-19). Kasus Covid-19 di Indonesia saat ini telah menembus 1 juta, tepatnya 1.012.350 orang.

Pertama, kata Budi, mengurangi laju penularan Covid-19 dengan disiplin 3 M (Memakai masker, mencuci tangan dengan sabud, dan menjaga jarak).

"Ini sangat susah dan tidak bisa dilakukan seorang diri oleh pemerintah tanpa bersama-sama rakyat dan seluruh komponen bangsa membangun gerakan ini," ucap Budi saat jumpa pers virtual dari Kantor Presiden, Jakarta, Selasas (26/1/2021).

Langkah kedua adalah pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan lebih 'kencang' lagi melakukan testing, tracing dan treatment dalam hal ini perawatan maupun isolasi mandiri. Kemudian masyarakat harus disiplin mematuhi protokol kesehatan.

Baca Juga : Kasus Covid-19 Tembus 1 Juta, Menkes : Harus Bekerja Ekstra Keras

"Di sini kami di Kementerian Kesehatan akan bekerja keras, sangat keras untuk memastikan bahwa program testing program tracing atau pelacakan dan program isolasi kita bisa lakukan dan kita eksekusi dengan baik," ucap Budi.

Menurut Budi, kerja keras masyarakat dan pemerintah dalam penanganan pandemi ini ditujukan untuk mengurangi laju penularan virus atau flattening the curve. Dengan demikian secara gradual wabah ini dapat diatasi dan mengurangi beban fasilitas kesehatan yang ada.

"Saya percaya bahwa seluruh rakyat Indonesia memiliki modal sosial yang sangat besar untuk bisa melakukan ini bersama-sama dan kalau seluruh modal sosial rakyat Indonesia sudah bersatu, saya yakin apapun masalahnya kita bisa atasi bersama," tegasnya.

Baca Juga : Kasus Covid-19 Tembus 1 Juta, Menkes Sampaikan Pesan Presiden Jokowi

Sebagaimana diketahui, kasus konfimasi positif corona pada Selasa (26/1/2021) menembus angka 1.012.350. Adapun tambahan kasus positif per hari ini sebanyak 13.094.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini