Kasus Covid-19 Tembus 1 Juta, Menkes Sampaikan Pesan Presiden Jokowi

Fahreza Rizky, Okezone · Selasa 26 Januari 2021 19:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 26 337 2351261 kasus-covid-19-tembus-1-juta-menkes-sampaikan-pesan-presiden-jokowi-4uCrkvi0PD.jpg Budi Gunadi Sadikin (Ist)

JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin beserta jajaran kabinet lainnya dipanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengikuti rapat terbatas, merespons angka kasus virus corona (Covid-19) yang telah menembus 1 juta.

"Hari ini Bapak Presiden memanggil rapat terbatas dengan beberapa menteri dan saya dititipi pesan Pak Presiden untuk menyampaikan ke seluruh rekan-rekan (media) bahwa hari ini adalah hari di mana jumlah orang yang terpapar Covid-19 di Indonesia menembus angka satu juta orang," ucap Budi saat jumpa pers virtual dari Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (26/1/2021).

Budi berujar, angka kasus corona yang mencapai satu juta ini membuatnya merenung dan meresapi makna yang ada di dalamnya. Pertama, ini adalah kabar duka karena dalam perjuangan melawan wabah ini sudah ada lebih dari 600 tenaga kesehatan yang gugur.

"Dan mungkin sebagian dari keluarga dekat dan teman dekat sudah meninggalkan kita. Itu momen pertama yang harus kita lalui, bahwa ada rasa duka yang mendalam dari pemerintah, dari seluruh rakyat Indonesia atas angka ini," jelasnya.

Kedua, kata Budi, semua pihak harus sadar bahwa ini saatnya rakyat dan pemerintah bekerja lebih keras lagi untuk mengatasi pandemi corona ini. Hal ini sangat penting agar pengorbanan yang dilakukan oleh para nakes tidak sia-sia.

Baca Juga : Kasus Covid-19 Tembus 1 Juta Orang, Menkes: Kita Berduka

"Bagaimana bekerja keras ke depannya, bekerja sangat keras, bekerja ekstra keras," imbuhnya.

Lebih lanjut, Budi menjelaskan, ahli epidemiologi mengatakan kepada dirinya untuk mengatasi pandemi ini satu hal utama yang harus dilakukan, yaitu mengurangi laju penularan virus. Dengan demikian beban fasilitas kesehatan tidak terlalu berat.

"Istilah kerennya yang pasti Bapak/Ibu juga sudah lihat di video-video yang beredar kita harus flatten the curve, kita harus mengurangi laju penularan virusnya," katanya.

Baca Juga : Kasus Covid-19 Tembus 1 Juta, Menkes : Harus Bekerja Ekstra Keras

Sebagaimana diketahui, kasus konfimasi positif corona pada Selasa (26/1/2021) menembus angka 1.012.350. Adapun tambahan kasus positif per hari ini sebanyak 13.094.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini