9.160 Dosis Vaksin Tahap Kedua Datang ke Kota Bogor

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Selasa 26 Januari 2021 16:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 26 337 2351164 9-160-dosis-vaksin-tahap-kedua-datang-ke-kota-bogor-s6Pvv0FrqA.jpg Foto: Okezone/Putra

BOGOR - Sebanyak 9.160 dosis vaksin covid-19 tahap dua tiba di gudang farmasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor. Vaksin itu mulai disuntikan kepada para tenaga kesehatan mulai Kamis 28 Januari 2021.

"Jadi nanti Insya Allah hari Kamis, kita sudah akan mulai vaksinasi penyuntikan kedua untuk sasaran yang sudah disuntik dua minggu lalu," kata Sekretaris Dinas (Sekdis) Kesehatan Kota Bogor Erna Nuraena, kepada wartawan, Selasa (26/1/2021).

Sejauh ini, baru 2.733 atau 28,7 tenaga kesehatan Kota Bogor yang sudah menerima vaksin tahap pertama dari 9.150 target prioritas. Ditargetkan, semua vaksinasi akan selesai pada Februari 2021.

"Kita masih akan melakukan vaksinasi baik untuk sasaran yang belum divaksin maupun pengulangan penyuntikan untuk yang sudah divaksin yang pertama. Kita targetnya Februari selesai," ungkapnya.

Di samping itu, Erna menjelaskan penyuntikkan vaksin pertama hanya untuk memacu antibodi dalam tubuh. Sementara penyuntikkan kedua nanti untuk mengakselerasi terbentuknya antibodi sampai di titik tertentu yang cukup optimal agar bisa melindungi seseorang yang divaksin dari gejala yang berat.

"Yang perlu diingat adalah orang-orang yang divaksin Covid-19 ini bukan berarti tidak mungkin masih tertular atau tidak mungkin menularkan. Karena vaksin tidak mencegah orang tertular," jelas Erna.

Sehingga, seseorang yang sudah divaksin covid-19 harus tetap menjalani protokol kesehatan yang ketat. Karena, kemungkinan masih bisa tertular dan masih bisa menularkan virus kepada orang lain.

"Tapi ketika tertular diharapkan gejalanya tidak berat karena orang yang sudah di vaksin sudah memiliki tentara untuk melawan virus. Berbeda dengan orang yang sudah terpapar tanpa divaksin, mereka butuh waktu lebih lama membentuk antibodi," tutupnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini