CVR Sriwijaya Air SJ-182 Terus Dicari Meskipun Terkendala Cuaca

Giri Hartomo, Okezone · Senin 25 Januari 2021 18:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 25 337 2350598 cvr-sriwijaya-air-sj-182-terus-dicari-meskipun-terkendala-cuaca-zYhiP90x3Y.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - TNI Angkatan Laut (TNI-AL) masih terus melakukan pencarian pada kotak hitam atau black box berisi Cockpit Voice Recorder CVR) pesawat Sriwijaya Air SJ-182. Fokus pencarian adalah pada memory dari CVR, sedangkan baterai hingga casing dari sudah ditemukan pada saat operasi pencarian oleh Tim SAR Gabungan masih berlangsung.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama (Laksma) Julius Widjodjono mengatakan, titik pencarian memory dari CVR sudah ditetapkan. Di mana nantinya lokasi pencarian akan difokuskan pada titik ditemukannya casing dari CVR.

"Areanya sudah. Kisaran ditemukan casingnya," ujarnya saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Senin (25/1/2021).

Ada beberapa kendala atau atau hambatan dalam pencarian memory dari CVR Pesawat Sriwijaya Air SJ-182. Salah satunya adalah kondisi cuaca yang berpengaruh pada jarak pandang yang terbatas di dalam air.

"Kendala utama alam cuaca, arak pandang, dan arus," ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT)Soerjanto Tjahjono, mengatakan, proses pencarian CVR oleh KNKT akan terus berlangsung walaupun proses pencarian korban oleh Basarnas telah berakhir.

Menurutnya, penemuan CVR akan memberikan informasi yang signifikan dalam proses investigasi penyebab kecelakaan Sriwijaya SJ-182. Data CVR akan melengkapi data flight data recorder (FDR) yang sudah ditemukan, dan datanya berhasil diunduh KNKT.

Soerjanto juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada pihak yang telah bekerja keras dan bekerja sama yang erat dalam penanganan musibah. Baik itu dari Kementerian Perhubungan, TNI, Polri, Basarnas dan pihak-pihak lainya.

"Memang operasi SAR sesuai tugasnya, telah ditutup. Tapi kami, sebagai tanggung jawab kami melakukan investigasi, akan terus mencari CVR yang sampai hari ini belum ditemukan," ucapnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini