Kematian 6 Laskar FPI Dilaporkan ke Mahkamah Internasional, Ini Respons Komnas HAM

R Ratna Purnama, Koran SI · Minggu 24 Januari 2021 18:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 24 337 2349978 kematian-6-laskar-fpi-dilaporkan-ke-mahkamah-internasional-ini-respons-komnas-ham-2OZQafSjoQ.jpg Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung. (Foto : Okezone/Fahreza Rizky)

JAKARTA - Tim advokasi korban pelanggaran hak asasi manusia (HAM) melaporkan kasus penembakan enam laskar Front Pembela Islam (FPI) ke Mahkamah Pidana Internasional di Den Haag, Belanda.

Menanggapi hal itu, Komisioner Pendidikan dan Penyuluhan Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara mengatakan, Pengadilan HAM hanya untuk pelanggaran HAM yang berat. Hal itu sesuai dengan UU No 26 tahun 2000.

“Pengadilan HAM sesuai UU No 26/2000 hanya untuk pelanggaran HAM yang berat,” katanya, Minggu (24/1/2021).

Pihaknya pun merekomendasikan kasus tersebut untuk diserahkan ke polisi. Untuk selanjutnya ditindaklanjuti dalam proses pidana yang transparan dan akuntabel.

“Sesuai rekomendasi Komnas, kasus 6 orang laskar FPI diserahkan ke polisi supaya ditindaklanjuti dalam proses pengadilan pidana yang transparan dan akuntabel,” ujarnya.

Komnas HAM sudah menyampaikan laporan tersebut ke Presiden. Saat ini hanya menunggu proses saja.

Baca Juga : Komnas HAM Minta Rekomendasi Tewasnya 6 Laskar FPI Jadi Prioritas Listyo

“Kami sudah menyampaikan laporannya kepada presiden. Sekarang tinggal menunggu proses dari presiden ke Polri,” tuturnya.

Baca Juga : Komnas HAM Akan Monitor Polri Tangani Kasus Tewasnya 6 Laskar FPI

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini