Beratnya Perjuangan Relawan Salurkan Bantuan Gempa di Majene

Abdul Rochim, Koran SI · Minggu 24 Januari 2021 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 24 337 2349855 beratnya-perjuangan-relawan-salurkan-bantuan-gempa-di-majene-sFyCX0onTr.jpg Foto: Istimewa

JAKARTA - Gempa yang mengguncang Majene, Provinsi Sulawesi Barat, beberapa kali, tidak hanya menyebabkan kerusakan rumah warga dan berbagai fasilitas umum. Gempa juga mengakibatkan warga kesulitan mendapatkan kebutuhan sehari-hari.

Bahkan, di sejumlah lokasi bencana seperti di Kampung Ulumanda, kampung paling terisolasi di Majene, untuk menyalurkan bantuan ke kampung tersebut, relawan harus melewati medan berlumpur dengan menggunakan motor. Namun, karena kondisi medan yang sangat parah, motor tidak bisa berjalan normal sehingga harus ditarik beberapa orang sambil sang pengemudi terus menggendalikan motornya untuk bisa melintasi medan berlumpur.

Seperti yang terlihat dalam sebuah video yang diunggah akun @Filsafat_Muslim di Twitter. "Perjuangan keras menyalurkan bantuan ke kampung Ulumanda, Majene," cuitnya.

terlihat beberapa motor mengangkut sejumlah bantuan kebutuhan pokok warga. Untuk bisa melintasi medan berlumpur, satu motor bahkan harus dikendalikan oleh tujuh orang. Terlihat ada seorang joki, dua orang harus menarik roda depan motor, satu orang mendorong dari samping, dan tiga orang lainnya mendorong dari belakang.

Unggahan video yang hingga Minggu (24/1/2021) pagi sudah dilihat 23.800 ini memunculkan keprihatinan dari warganet. Akun @apizZ_Zul berkomentar, "Semoga perjuangan ini diberkati Allah."

Sementara akun @qlndaaa mencuit, "Yaallah pulangnya gimana itu."

Akun @rian_proph berkomentar, "Salut dg perjuangan dan jiwa sosial disana... kalau di daerah ku sudah dipikul gak perlu pakai motor... cukup bikin drop n pick point... semoga dilimpahkan berkah untuk kita semua."

Sementara akun @sijadaeng berkomentar, "Jumat kemarin kesini, alat berat ganti2an yg kerja dan ndk ada yg mampu...semoga secepatnya bisa tertangani, pdhal ada 5-6 dusun didalamnya."

Akun @KelanaJiwa3 mencuit, "Hormat untuk para pejuang sosial yg berjibaku menghadapi medan yg sulit. Semoga pahala didapatkan di dunia dan akherat, aamiin."

Dikutip dari website majenekab.go.id, Ulumanda, salah satu desa paling terisolir di Kabupaten Majene yang terletak di Kecamatan Ulumanda. Untuk sampai ke Ulumanda, dari Majene harus berkendara sejauh 79 km ke arah Mamuju menuju ke Tabojo.

Perjalanan ke Ulumanda hanya bisa dilakukan dengan kendaraan "laki". Motir matic dijamin akan kesulitan. Apalagi ketika musim hujan. Minimal motor bebek lebih bagus trail atau motor yang sudah dimodifikasi. Sementara untuk mobil hanya jenis ‘hardtop’ yang bisa naik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini