Komnas HAM Minta Rekomendasi Tewasnya 6 Laskar FPI Jadi Prioritas Listyo

Arie Dwi Satrio, Okezone · Sabtu 23 Januari 2021 06:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 23 337 2349396 komnas-ham-minta-rekomendasi-tewasnya-6-laskar-fpi-jadi-prioritas-listyo-m0BjoX9NQq.jpg Komjen Listyo Sigit Prabowo (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam memberikan catatan penting untuk Komjen Listyo Sigit Prabowo sebelum nantinya resmi dilantik sebagai Kapolri. Catatan penting itu yakni rekomendasi terkait tewasnya enam laskar Front Pembela Islam (FPI).

Choirul Anam menyatakan bahwa rekomendasi dari Komnas HAM terkait tewasnya enam laskar FPI adalah 'PR' yang harus dituntaskan Listyo setelah resmi dilantik sebagai Kapolri. Ia berharap rekomendasi dari Komnas HAM tersebut jadi tugas prioritas Listyo Sigit Prabowo.

"Iya rekomendasi itu jadi PR bagi Kapolri baru nanti. Dan kami berharap menjadi tugas prioritas," ujar Choirul Anam kepada MNC Portal Indonesia, Sabtu (23/1/2021).

Menurut Anam, tantangan Komjen Listyo ketika menjadi Kapolri nanti sudah ada di depan mata yakni, menuntaskan rekomendasi dari Komnas HAM. Rekomendasi tersebut, kata Anam, saat ini sudah diserahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk selanjutnya diberikan kepada Kapolri.

"Tantangan besarnya di depan mata, salah satumya melaksanakan rekomendasi Komnas HAM dengan baik. Sampai ke pengadilan sesuai rekomendasi," pungkasnya.

Baca Juga : Jadi Calon Kapolri Termuda, Listyo Sigit Harus Perkuat Soliditas Polri

Sebelumnya, Komnas HAM menyatakan ada pelanggaran HAM yang dilakukan oleh petugas Kepolisian terkait tewasnya empat laskar FPI. Komnas HAM merekomendasikan kasus tersebut ke penegak hukum dengan mekanisme pengadilan umum

Sedangkan atas tewasnya dua anggota laskar FPI lainnya, Komnas HAM tidak menyebut sebagai pelanggaran HAM. Sebab, tewasnya dua laskar FPI ini, dinilai Komnas HAM karena adanya peristiwa saling serang antara laskar FPI dengan anggota Polri.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini