Cara Dokter Reisa Buktikan Kabar Hoaks soal Vaksin Covid-19

Dita Angga R, Sindonews · Jum'at 22 Januari 2021 21:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 22 337 2349310 cara-dokter-reisa-buktikan-kabar-hoaks-soal-vaksin-covid-19-zG17YFDOro.jpg Dokter Reisa Broto Asmoro (Foto : BNPB)

JAKARTA - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 dr. Reisa Broto Asmoro mengajak masyarakat untuk melawan dan memerangi hoaks. Dia menegaskan bahwa situs resmi pemerintah adalah covid19.go.id untuk mengetahui info berkaitan dengan covid, termasuk soal vaksin Covid-19.

“Kita bisa temukan semua informasi tentang penanganan pandemi. Termasuk 3M, 3T, kemudian pemulihan ekonomi nasional. Dan yang terkini adalah berita perkembangan program vaksinasi covid-19. Kita bisa temukan bahwa berita paling benar tentang vaksinasi covid-19 berasal dari sumber resmi dan mengikuti para ahli di bidangnya,” katanya saat konferensi pers, Jumat (22/1/2021).

Dia menyebutkan ada cara mudah untuk membuktikan hoaks berkaitan dengan vaksin. Di antaranya adalah:

1. Buka http://s.id/infovaksin klik cek dan buktikan hoax.

2. Masukan kata kunci yang dicari

3. Kemudian baca penjelasan tentang informasi tersebut. Setelah itu baru sebarkan.

4. Apabila menemukan berita tidak benar STOP berhenti pada kita. STOP di tangan anda, langsung laporkan ke aduan konten.id

Baca Juga : Hati-Hati! Beredar Nomor Whatsapp Palsu Kapolresta Bogor

Reisa menekankan, masyarakat membutuhkan dukungan moral dan semangat, bukan malah diberikan berita yang salah dan menyesatkan. Di mana bisa saja membuat seseorang menjadi patah semangat karena langsung percaya hoaks.

“Dan kecewa karena kitanya juga sumber informasi yang tidak dapat dipercaya. Oleh karena itu mari lawan dan perangi hoaks. Lindungi tenaga kesehatan kita, lindungi diri dan keluarga kita. Tetap ingat 3M, dukung 3T, sukseskan vaksinasi. Bersama kita pasti bisa,” pungkasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini