Kebijakan ETLE Belum Sempurna, Kompolnas: Polantas Masih Bisa Lakukan Tilang

Felldy Utama, iNews · Jum'at 22 Januari 2021 17:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 22 337 2349202 kebijakan-etle-belum-sempurna-kompolnas-polantas-masih-bisa-lakukan-tilang-jbboI7tW37.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengakui bahwa ke depan kepolisian masih membutuhkan penyempurnaan kebijakan penegakkan hukum berbasis elektronik atau tilang elektronik (ETLE). Oleh karenanya, peran polisi lalu lintas (Polantas) masih dibutuhkan.

Hal itu diungkapkan komisioner Kompolnas, Poengky Indarti saat disinggung rencana kebijakan Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo yang akan menghapuskan tilang di jalan serta akan melakukan penegakkan hukum berbasis ETLE.

Baca Juga:  Selain Cegah Penyimpangan, Ini Alasan Lain Tilang di Jalan Akan Dihapus

Poengky mengaku telah mendengar adanya keluhan bahwa ETLE tidak efektif menindak semua pelanggaran lalu lintas, misalnya pengendara yang tidak mempunyai SIM atau kendaraan bodong. Oleh karenanya, hal ini perlu menjadi catatan pihak kepolisian.

"Maka, jadi tantangan untuk penyempurnaan ETLE ke depan agar bisa mengatasi semua pelanggaran lalu lintas. Untuk mencapai tahap itu, tentu saja Polantas masih bisa melakukan tilang," kata Poengky saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Jumat (22/1/2021).

Di samping itu, dia memandang bahwa modernisasi kepolisian harus bisa diterapkan hingga ke pelosok-pelosok wilayah Indonesia. Poengky menyadari bahwa tantangannya memang di daerah-daerah yang teknologi internetnya masih belum bagus.

"Untuk itu, bisa dilaksanakan secara bertahap di daerah-daerah yang teknologinya bagus, misalnya di kota-kota besar," ujar dia.

Baca Juga: Listyo Sigit Hapus Tilang di Jalan, Motor Bodong dan Tidak Ada SIM Bagaimana?

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini