Kepala Daerah Positif Covid-19 Usai Divaksinasi, Begini Penjelasan IDI

Binti Mufarida, Sindonews · Jum'at 22 Januari 2021 15:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 22 337 2349085 kepala-daerah-positif-covid-19-usai-divaksinasi-begini-penjelasan-idi-HqUnI1EJqr.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

JAKARTA - Bupati Sleman Sri Purnomo dinyatakan positif Covid-19, beberapa hari usai disuntik vaksin Covid-19 dari Sinovac. Diketahui, Sri Purnomo telah menerima vaksin Covid-19 pada 14 Januari lalu dan dinyatakan positif pada Rabu, 20 Januari.

Menanggapi hal ini, Ketua PB Ikatan Dokter Indonesia, Daeng M Faqih mengatakan, jika dalam periode tersebut belum terbentuk antibodi. Daeng menjelaskan jika antibodi vaksin itu baru terbentuk 14 hari setelah suntikan kedua.

“Bawa kalau sudah divaksin jangan mentang-mentang. Karena terbentuknya antibodi itu kalau kata pakar ahli vaksin mengatakan itu awal-awal terbentuk antibodi itu 14 hari setelah suntikan kedua,” ungkap Daeng dalam diskusi “Vaksinasi Vaksinasi Covid-19, Perubahan Perilaku dan Diseminasi Informasi. Keterbukaan, Akuntabilitas dan Keadilan Dalam Distribusi Vaksin Covid-19” secara virtual, Jumat (22/1/2021).

Baca juga:  Bupati Bandung Barat Sembuh dari Covid-19, Istri dan Anaknya Masih Positif

Daeng pun mengatakan, antibodi maksimal akan terbentuk setelah tiga bulan penyuntikan.

“Dan bahwa dari pemeriksaan 3 bulan setelah itu setelah penyuntikan kedua itu baru kelihatan antibodinya maksimal,” kata Daeng.

Baca juga:  Positif Covid-19, Bupati Sleman Yakin Bukan Tertular dari Vaksin 

“Jadi artinya kalau baru disuntik sekali, itu masih proses penyiapan sel tubuh kita. Jadi bisa mungkin terinfeksi saat itu,” tambah Daeng.

Selain itu, Daeng meminta masyarakat yang sudah mendapatkan vaksinasi harus tetap hati-hati disiplin protokol kesehatan.

“Jadi hati-hati. Kalau pun sudah divaksin jangan mentang-mentang ini betul-betul sudah terlindungi. Apalagi masih disutik sekali atau baru saja selesai penyuntikan kedua. Sehingga belum terbentuk antibodi,” tegasnya.

 

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini