Polri Sebut Banjir di Kalsel Faktor Hujan dan Gelombang Tinggi

Muhamad Rizky, Okezone · Jum'at 22 Januari 2021 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 22 337 2349048 polri-sebut-banjir-di-kalsel-faktor-hujan-dan-gelombang-tinggi-vcB5mL1KdU.jpg Karo Penmas Mabes Polri, Brigjen Rusdi Hartono (foto: Okezone.com)

JAKARTA - Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono mengatakan, pihaknya telah mengerahkan tim untuk melakukan penyelidikan terkait bencana banjir yang terjadi di Kalimantan Selatan.

Berdasarkan hasil penyelidikan dilapangan, kata Rusdi, ada beberapa faktor utama yang menjadi penyebab air meluap, salah satunya curah hujan yang tinggi.

"Ternyata memang banjirnya itu karena memang faktor curah hujan saat itu sangat tinggi," kata Rusdi saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (22/1/2021).

Baca juga:  21 Orang Meninggal Akibat Banjir Kalsel, 63.608 Warga Mengungsi

Selain itu faktor lainnya yang juga memperparah bencana banjir tersebut adalah gelombang tinggi yang mencapai 2 sampai 2,5 meter.

"Itu berpengaruh terhadap arus balik ke daratan seperti itu. Ini sementara hasil turun lapangan dari Bareskrim seperti itu," tuturnya.

Baca juga:  KLHK Sebut Banjir Kalsel Karena Curah Hujan yang Tinggi

Sejauh ini, menurut Rusdi, pihaknya belum menemukan apakah ada faktor lain seperti lingkungan yang menyebabkan terjadinya banjir tersebut. Sejauh ini Polri juga belum memeriksa Dinas Lingkungan di Provinsi Kalimantan Selatan.

"Oh belum, memang pada saat itu Bareskrim memastikan banjirnya itu karena faktor cuaca pada saat itu. Tindakannya belum ada tindakan lain," tandasnya.

 

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini