Terdakwa Penyuap Nurhadi Jalani Sidang Perdana Hari Ini

Erfan Maaruf, iNews · Jum'at 22 Januari 2021 04:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 22 337 2348738 terdakwa-penyuap-nurhadi-jalani-sidang-perdana-hari-ini-hGiycK6xtM.jpg Ilustrasi (Dok. okezone)

JAKARTA - Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (PN Tipikor) berencana akan menggelar sidang pembacaan dakwaan Hiendra Soenjoto, tersangka kasus dugaan pemberian suap-gratifikasi Rp 83 miliar terhadap mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi dan menantunya Rezky Herbiyono.

Persidangan akan digelar setelah sebelumnya pada Jumat (15/1/2021) sidang ditunda karena Hiendra belum menunjuk penasihat hukum. Hiendra, yang hadir secara virtual, mengaku belum menunjuk penasihat hukum yang baru.

"Kami tanyakan kepada Saudara, apakah sudah menunjuk penasihat hukum?" tanya hakim ketua Saefuddin Zuhri.

"Belum menunjuk, Yang Mulia, karena saya baru dapat informasi kemarin, baru dapat informasi kalau hari ini sidang dan kuasa hukum yang lama sepertinya ada kesibukan yang lain dan belum memberikan kuasa kepada saya, Yang Mulia," jawab Hiendra.

Hiendra Soenjoto ditangkap KPK di kawasan BSD Tangerang Selatan. Penangkapan Hiendra dilakukan pada Kamis (29/10). Hiendra ditangkap setelah menjadi buron KPK selama 8 bulan.

Uang suap ini diterima Nurhadi dan Rezky dari Hiendra Soenjoto selaku Direktur Utama PT Multicon Indrajaya Terminal (PT MIT) agar keduanya membantu Hiendra dalam mengurus perkara. Jaksa menyebut tindakan Nurhadi itu bertentangan dengan kewajibannya sebagai Sekretaris MASementara itu, Nurhadi dan menantunya Rezky Herbiyono sudah masuk tahap persidangan terlebih dahulu.

Nurhadi dan Rezky didakwa menerima suap dan gratifikasi Rp 83 miliar terkait pengurusan perkara di pengadilan tingkat pertama, banding, kasasi, ataupun peninjauan kembali. Nurhadi dan Rezky didakwa menerima suap dan gratifikasi dalam kurun 2012-2016.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini