Disetujui Jadi Kapolri, Komjen Listyo Sigit Siapkan Rencana Aksi

Puteranegara Batubara, Okezone · Kamis 21 Januari 2021 18:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 21 337 2348625 disetujui-jadi-kapolri-komjen-listyo-sigit-siapkan-rencana-aksi-oCSKcOoM97.jpg Komjen Listyo Sigit Prabowo (Foto: Antara)

JAKARTA - DPR telah menetapkan pengangkatan Komjen Lisyto Sigit Prabowo sebagai Kapolri baru dalam rapat paripurna. Menanggapi hal itu, Listyo mengaku bakal segera melakukan rapat kesiapan.

Listyo mengungkapkan, rapat kesiapan yang akan dilakukan ialah guna melaksanakan visi dan misi dirinya sebagai Kapolri yang tertuang dalam makalah yang dipresentasikan saat uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) Rabu 20 Januari 2021.

"Tentunya setelah ini kami akan segera melakukan rapat kesiapan dalam rangka melaksanakan rencana aksi bagaimana makalah yang bisa kami presentasikan semoga bisa menjadi program yang akan kita laksanakan sebagai kapolri nanti," kata Listyo di Kompleks Parlemen DPR, Kamis (21/1/2021).

Baca Juga:   Disetujui DPR Jadi Kapolri, Ini Pesan Puan Maharani untuk Komjen Listyo Sigit

Listyo sekaligus merasa bersyukur lantaran pengangkatannya menjadi Kapolri didukung sembilan fraksi di Komisi III DPR hingga akhirnya ditetapkan Ketua DPR Puan Maharani melalui rapat paripurna siang ini.

"Alhamdulillah hari ini pendapat fraksi menyampaikan kira disetujui. Baru saja disahkan oleh ketua dpr dalam rapat paripurna," ujar Listyo.

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat menetapkan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri terpilih. Penetapan itu diambil melalui rapat paripurna usai mendengar laporan dari Komisi III terkait fit and proper test Listyo pada Rabu (20/1/2021).

Adapun laporan dari Komisi III terkait pemberhentian dengan hormat Jenderal Idham Azis sebagai Kapolri dan persetujuan pengangkatan Komjen Listyo sebagai pengganti Idham dibacakan Wakil Ketua Komisi III Ahmad Sahroni.

"Sidang dewan yang kami hormati sekarang perkenankan kami menanyakan kepada sidang dewan yang terhormat apakah laporan Komisi III DPR RI atas hasil uji kelayakan terhadap calon Kapolri tersebut dapat disetujui?" kata Ketua DPR Puan Maharani, Kamis (21/1/2021)

"Setuju," jawab anggota DPR.

Baca Juga: Calon Kapolri Listyo Sigit Diminta Tindaklanjuti Dugaan Pelanggaran HAM Penembakan Laskar FPI

Dengan begitu, pengangkatan Listyo sebagai Kapolri baru pengganti Jenderal Idham Azis hanya tinggal menunggu dilantik oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Diketahui rapat paripurna penetapan Kapolri terpilih sudah mencapai kuorum. Hal itu dikatakan Puan saat membuka rapat.

"Menurut catatan pada rapat paripurna ini, hadir 91 fisik dan 204 virtual serta izin 47 orang. Sehingga kehadiran sudah mencapai kuorum yaitu 342 orang anggota," kata Puan.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini