Calon Kapolri Listyo Sigit Diminta Tindaklanjuti Dugaan Pelanggaran HAM Penembakan Laskar FPI

Tim Okezone, Okezone · Kamis 21 Januari 2021 17:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 21 337 2348539 calon-kapolri-listyo-sigit-diminta-tindaklanjuti-dugaan-pelanggaran-ham-penembakan-laskar-fpi-jqEw5gGre4.jpg Komjen Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Okezone.com/Arif J)

JAKARTA - Pakar Hukum Tata Negara (HTN) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Dr. Agus Riwanto mengingatkan agar calon Kapolri, Komjen Listyo Sigit Prabowo menyelesaikan sejumlah kasus yang menjadi sorotan semasa kepemimpinan Jenderal Idham Azis.

Pertama, menyangkut kasus penembakan 6 laskar Ormas di KM 50, Agus menyarankan agar Sigit mempertimbangkan hasil temuan Komnas HAM. Baginya, hal tersebut merupakan bukti keharmonisan dan kohesifitas antarlembaga negara. 

“Perlu dipertimbangkan oleh Komjen Pol. Sigit dalam artian memang memungkinkan ada aspek-aspek yang perlu diakuntabilitaskan terhadap publik menyangkut beberapa pelanggaran HAM yang perlu disampaikan kepada publik," ujar Agus, Kamis (21/1/2021).

Kedua, tentang penegakan hukum kerumunan yang melanggar Prokes Covid-19, Agus menyarankan agar Polri menindak setiap pelaku secara adil. Sigit dituntut untuk mensosialisasikan aturan-aturan yang telah ditetapkan pemerintah kepada masyarakat agar tidak menimbulkan kesalahpahaman.

Hal tersebut menjadi penting sebab selama ini dinilainya seperti ada ketidaksinambungan antara aturan yang telah ditetapkan pemerintah dengan perilaku masyarakat sehari-hari.

Baca juga: Jadi Kapolri, Komjen Listyo Sigit Diminta Benahi Internal Polri

“Prokes wilayah berkaitan dengan banyak aspek tidak bisa digeneralisir karena sangat kasuistis di beberapa tempat. Tapi, menurut saya Prokes mesti ditetapkan Polri agar bertindak secara adil. Dan, bagaimana menerapkannya agar tidak terkesan Polri di era Komjen Pol. Sigit memihak kepada salah satu pihak,” lanjut Agus. 

Terakhir, mengenai ulah sejumlah ormas yang kerap membuat onar, Agus mengatakan sesuai dengan keputusan pemerintah untuk membubarkan sejumlah ormas yang meresahkan masyarakat, maka Polri di bawah kepemimpinan Sigit harus mampu menindaklanjutinya dengan baik dan tegas. 

Menurutnya, tidak boleh ada ormas yang bertindak di luar kapasitas Polri dalam penegakan hukum di masyarakat. Baginya, ketegasan Sigit menjadi kunci utama dalam menangani perilaku sewenang-wenang sejumlah ormas. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini