Usai Disahkan, Kapolri Baru Listyo Sigit Foto Bersama Pimpinan DPR

Kiswondari, Sindonews · Kamis 21 Januari 2021 16:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 21 337 2348488 usai-disahkan-kapolri-baru-listyo-sigit-foto-bersama-pimpinan-dpr-UOhbJNgW0N.jpg Foto: Antara

JAKARTA – DPR RI telah resmi mengesahkan persetujuan terhadap calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo untuk menjadi Kapolri. Keputusan ini diambil dalam Rapat Paripurna DPR hari ini, Kamis (21/1/2021)

(Baca juga: Amien Rais Akan Tagih Janji Listyo Sigit soal Penembakan 6 Laskar FPI).

Sebelum pengesahan, Ketua DPR RI selaku pimpinan sidang mempersilakan Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni untuk membacakan dan memberikan laporannya terkait hasil uji kelayakan dan rapat pleno di Komisi III DPR pada Rabu (20/1) kemarin.

“Berdasarkan keputusan rapat pleno tersebut, sambung politikus Partai Nasdem itu, Komisi III DPR RI melalui pandangan fraksi bersepakat menyetujui untuk memberhentikan Jenderal Pol Idham Azis sebagai Kapolri, dan selanjutnya menyetujui untuk mengangkat Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri,” kata Sahroni disambut tepuk tangan seluruh anggota DPR yang hadir dalam Rapat Paripurna DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (21/1/2021).

(Baca juga: Sah! Paripurna DPR Setujui Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri)

Roni menjelaskan, Komisi III DPR menyadari dan memahami kecakapan, integritas dan kompetensi calon Kapolri merupakan prasyarat mutlak untuk menjadi Kapolri. Atas dasar itu, Komisi III DPR RI menyetujui untuk mengangkat Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri yang diusulkan oleh Presiden RI.

“Dengan harapan calon Kapolri terpilih sungguh-sungguh dapat meningkatkan citra dan wibawa lembaga Polri sebagai alat negara yang berperan merawat keamanan, ketertiban, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka terpeliharanya keamanan dalam negeri,” harapnya.

Setelah menyerahkan laporan Komisi III, Puan menanyakan persetujuan kepada seluruh anggota DPR yang hadir.

“Sidang dewan yang kami hormati, sekarang perkenankan kami menanyakan kepada sidang dewan yang terhormat, apakah laporan Komisi III DPR atas hasil uji kelayakan calon Kapolri tersebut dapat disetujui?,” tanya Puan.

“Setuju..,” seru seluruh anggota DPR menjawab secara serempak dan disambut riuh tepuk tangan.

Kemudian, Puan mempersilakan Listyo Sigit yang duduk di sayap kanan depan Ruang Rapat Paripurna untuk maju ke mimbar dan melakukan sesi foto bersama pimpinan DPR RI.

“Selanjutnya, kami perkenankan kepada calon Kapolri untuk dapat maju ke depan mimbar untuk selanjutnya melakukan foto bersama. Untuk Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo kami persilakan,” tutup Puan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini