Sah! Paripurna DPR Setujui Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri

MNC Media, · Kamis 21 Januari 2021 15:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 21 337 2348446 sah-paripurna-dpr-setujui-listyo-sigit-prabowo-sebagai-kapolri-x0TmxyCitk.jpg Foto: Antara

JAKARTA - Rapat Paripurna DPR RI sepakat menyetujui Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri baru menggantikan Jenderal Idham Azis yang akan memasuki masa purna tugas.

(Baca juga: Ini Alasan Listyo Sigit Hapus Tilang di Jalanan)

Selanjutnya, DPR memberikan persetujuan tersebut kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk dilantik sebagai Kapolri yang baru di Istana Negara.

"Apakah laporan Komisi III DPR RI atas hasil uji kelayakan kepada calon kapolri tersebut dapat disetujui?" ujar Ketua DPR Puan Maharani sebagai pimpinan Rapat Paripurna DPR RI di Jakarta, Kamis (21/1/2021).

"Setuju," tegas wakil rakyat secara serentak yang setelah itu dilanjutkan Puan mengetuk palu tanda pengesahan.

Sebelumnya, Calon tunggal Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo berharap setelah dirinya menjabat sebagai Kapolri maka istilah kriminalisasi ulama tidak akan ada lagi. Dirinya juga akan membuka ruang komunikasi seluas mungkin dengan pihak-pihak terkait.

"Saya kira bahasa kriminalisasi itu ke depan kami harapkan tidak ada lagi. Artinya, memang kami akan membuka ruang komunikasi," kata Listyo di depan Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Rabu (23/1).

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini