324 Kantong Jenazah Berisi 574 Body Part Korban Sriwijaya Air Sudah Diperiksa

Okto Rizki Alpino, Sindonews · Kamis 21 Januari 2021 12:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 21 337 2348290 324-kantong-jenazah-berisi-574-body-part-korban-sriwijaya-air-sudah-diperiksa-9LMpTCUcmS.jpg Foto: Illustrasi Okezone.com

JAKARTA - Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri sudah memeriksa 574 bagian tubuh korban Sriwijaya Air SJ 182. Seluruh bagian tubuh korban didapat dari 324 kantong jenazah.

"Dari 574 body part ini semuanya sudah dilakukan pemeriksaan. Untuk hari ini yang dilakukan pemeriksaan adalah properti, artinya adalah barang kepemilikan," kata Katim Rekonsiliasi Tim DVI Kombes Agung Widjajanto Agung di RS Polri Kramat Jati, Kamis (21/1/2021).

Baca juga:  Basarnas Kerahkan 300 Penyelam Gabungan di Hari Kesepuluh Pencarian Sriwijaya Air

Pemeriksaan yang telah selesai dilakukan yakni pengambilan sampel DNA, dari bagian tubuh jenazah lewat serangkaian hasil uji laboratorium forensik. Namun proses identifikasi melalui DNA lebih memakan waktu lama ketimbang identifikasi melalui sidik jari.

"Memang antara AN (antemortem) dan PM (postmortem) ini tidak bisa sekaligus bersama-sama (pengambilan sampel). Dari PM tergantung yang ditemukan di TKP tergantung body part yang ditemukan di TKP," ujarnya.

Baca juga:  H+13 Pencarian Sriwijaya, Tim SAR Lihat Kondisi Cuaca di Lokasi

Lebih lanjut, kata dia, pemeriksaan properti atau barang pribadi yang terkahir dipakai pada korban sejatinya tidak terlalu berarti dalam proses identifikasi. Tetapi, lanjut dia, barang berharga milik korban nantinya akan diserahkan langsung kepada keluarga.

"Untuk properti yang terpisah itu sendiri sebetulnya tidak secara langsung bermanfaat untuk identifikasi. Namun kita akan berupaya properti yang ada yang ditemukan bisa dikembalikan kepada keluarganya," tuturnya.

 

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini