Jokowi Yakin Vaksinasi Covid-19 Bisa Selesai Kurang dari Setahun

Dita Angga R, Sindonews · Kamis 21 Januari 2021 11:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 21 337 2348256 jokowi-yakin-vaksinasi-covid-19-bisa-selesai-kurang-dari-setahun-zaVUy3uEBv.jpg Presiden Joko Widodo (foto: Biro Pers Kepresidenan)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan salah satu kunci vaksinasi covid-19 adalah soal kecepatan. Dia menekankan pentingnya cara agar dapat melakukan vaksinasi sebanyak-banyaknya dalam waktu yang singkat.

Seperti diketahui Jokowi sempat meminta Menteri Kesehatan agar vaksinasi dilaksanakan kurang dari setahun.

“Kemudian yang berkaitan dengan vaksinasi. Kunci yang kedua vaksinasi. Bagaimana bisa dipercepat, Bagaimana bisa di lakukan sebanyak-banyaknya dalam tempo yang cepat-cepatnya,” katanya dalam pembukaan Kompas100 CEO Forum Tahun 2021, Kamis (21/1/2021).

Untuk mempercepat vaksinasi, Jokowi mengatakan Indonesia memiliki infrastruktur dan tenaga yang cukup. Dimana terdapat 30.000 vaksinator, 10.000 puskesmas, dan 3.000 rumah sakit (RS).

“Katakanlah ini itung-itungan ada 30.000 vaksinator. Satu hari bisa mengerjakan 30 orang yang divaksin. Sehari berarti sudah hampir satu juta. Ini angka yang besar sekali. Ini kekuatan kita ada di sini. Negara lain ga punya, puskesmas ga punya, kita memiliki, yang setiap tahun juga melakukan vaksinasi imunisasi terhadap anak-anak kita,” ujarnya.

Baca Juga : Soal Vaksin Mandiri, Jokowi: Kita Perlu Mempercepat, Kenapa Tidak

Dengan kekuatan ini Jokowi yakin bahwa vaksinasi dapat dituntaskan dalam waktu kurang dari setahun. Tentunya dengan kesiapan vaksinasi yang tidak boleh sampai terlambat.

“Ini kenapa pernah saya bilang sebetulnya tidak ada setahun harusnya vaksinasi kita yang bisa kita selesaikan. Karena angka-angkanya yang kita hitung kita bisa,” pungkasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini