Tim DVI Lanjutkan Identifikasi Korban Sriwijaya Air Lewat Pencocokan Profile DNA

Okto Rizki Alpino, Sindonews · Kamis 21 Januari 2021 10:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 21 337 2348221 tim-dvi-lanjutkan-identifikasi-korban-sriwijaya-air-lewat-pencocokan-profile-dna-xTelgYwbIS.jpg RS Polri Kramat Jati (foto: Okezone)

JAKARTA - Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri menerima 324 kantong jenazah, dan 264 kantong properti korban kecelakaan pesawat Sriwijaya SJ 182.

Komandan DVI Pusdokkes Polri, Kombes Hery Wijatmoko mengatakan, kantong jenazah dan kantong properti itu jumlah keseluruhan yang tercatat hingga pukul 09.00 WIB ini.

"Sampai saat ini kami sedang melakukan analisa, mencocokan profile DNA, hari ini dan ke depan tim DNA forensik tetap melaksanakan kegiatannya," kata Hery di RS Polri Kramat Jati, Kamis (21/1/2021).

Baca juga:  Viral Sinyal SOS, Camat Kepuluan Seribu Selatan: Sepertinya Tidak Ada Apa-Apa

Identifikasi jenazah korban lewat pemeriksaan DNA forensik dilakukan dengan mengambil sampel DNA dari bagian tubuh jenazah atau data postmortem (setelah kematian). Kemudian dicocokkan dengan data DNA yang diberikan pihak keluarga korban atau merupakan data antemortem (sebelum kematian).

"Kemudian (data) antemortem tetap akan ketat dengan keluarga untuk apabila diperlukan pendalaman data lebih lanjut," ujarnya.

Baca juga:  Basarnas Kerahkan 300 Penyelam Gabungan di Hari Kesepuluh Pencarian Sriwijaya Air

Hingga kini Tim DVI sudah mendapat 438 sampel DNA, jumlah tersebut gabungan dari data DNA di antemortem serta pengambilan di posmortem.

"Tim postmortem (juga) saat ini sedang menyelesaikan pemeriksaan properti, cukup banyak, sehingga kami bisa memproses dan kembali kan properti tersebut kepada keluarganya," tuturnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini