Jumhur Hidayat Jalani Sidang Perdana Hari Ini, Agenda Pembacaan Dakwaan

Erfan Maaruf, iNews · Kamis 21 Januari 2021 04:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 21 337 2348035 jumhur-hidayat-jalani-sidang-perdana-hari-ini-agenda-pembacaan-dakwaan-gGF4vOG1rE.jpg Ilustrasi (Dok. okezone)

JAKARTA - Deklarator Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Jumhur Hidayat hari ini akan menghadapi sidang perdana di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) Kamis (21/1/2021). Sidang diagendakan dengan pembacaan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Salah satu kuasa hukum Jumhur yang tergabung dalam Tim Advokasi untuk Demokrasi, Nelson Nikodemus mengatakan sidang perkara ujaran kebencian dan berita bohong yang dilakukan oleh kliennya akan digelar di PN Jaksel pada pukul 10.00 WIB.

"Sidang pembacaan dakwaan Jumhur Hidayat, selaku aktivis KAMI yang menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja akan dilaksanakan pada Kamis, 21 Januari 2021," kata Nelson kepada MNC POrtal Indonesia melalui pesan singkat Kamis (20/1/2021).

Lebih lanjut Nelson mengatakan, sidang perdana kliennya akan dilakukan dengan agenda pembacaan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).

"Agenda pembacaan dakwaan oleh JPU. Pukul 10.00 WIB," jelasnya.

Sebelumnya, Bareskrim Polri menangkap delapan orang yang terdiri dari petinggi dan anggota Koalisi Aksi Menyelematkan Indonesia (KAMI) di Jakarta dan Medan. Mereka ditangkap terkait dugaan menghasut demo penolakan UU Cipta Kerja hingga terjadi kericuhan. Salah satunya Jumhur Hidayat dia ditangkap atas cuitan di Twitternya.

Jumhur Hidayat disangkakan menyebarkan berita bohong dan ujaran kebencian sebagaimana diatur dalam Pasal 28 ayat (2) UU ITE, Pasal 14 ayat (2) dan Pasal 15 UU no 1 tahun 1946

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini