Selesai Misi Perdamaian di Lebanon, 186 Prajurit TNI Tiba di Indonesia

Riezky Maulana, iNews · Rabu 20 Januari 2021 17:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 20 337 2347836 selesai-misi-perdamaian-di-lebanon-186-prajurit-tni-tiba-di-indonesia-8xU2P5AaLb.jpg Prajurit TNI. (Foto: Dok TNI)

JAKARTA - Sebanyak 186 personel Satuan Tugas TNI Konga United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL) Chalk 3, tahun 2019 di bawah pimpinan Kolonel Inf Leonardo Sebastian telah tiba di Indonesia. Mereka baru selesai melaksanakan misi perdamaian di Lebanon. Para prajurit tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tanggerang Rabu (20/1/2021). 

Para personel diterima langsung oleh Komandan Pusat Siaga Operasi Pemeliharaan Perdamaian (PSOPP) PMPP TNI Kolonel Adm Nanang F. Surya. Seluruh personel Satgas langsung diberangkatkan menuju hotel di Kemayoran Jakarta guna menjalani karantina selama lima hari, sesuai protokol kesehatan yang ditetapkan.

Sesampainya di hotel, personel Satgas disambut oleh Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP TNI) Mayjen TNI Victor H Simatupang yang didamping oleh Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurrahman.

Victor menuturkan, bahwa tugas yang diemban para personel di luar negeri sangat sarat dengan misi kebangsaan. Menurutnya, tugas tersebut tidak hanya berkaitan dsng  aspek militer, tetapi juga aspek politik, diplomasi maupun budaya. 

Baca juga: Peduli Difabel, Satgas Indobatt UNIFIL Resmikan Klinik Kesehatan di Lebanon

"Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Misi Perdamaian bukan hanya merepresentasikan TNI saja melainkan sebagai duta bangsa," tuturnya dalam keterangan tertulis, Rabu (20/1/2021).  

Adapun Satgas-satgas yang tiba di Tanah Air terdiri dari 172 personel Satgas Indobatt, 2 personel Satgas Military Police Unit (MPU), 1 personel Satgas Hospital serta 11 personel Milstaff Seceast. 

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini