Ini Alasan Fit and Proper Test Komjen Listyo Berlangsung Cepat di Komisi III

Riezky Maulana, iNews · Rabu 20 Januari 2021 16:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 20 337 2347828 ini-alasan-fit-and-proper-test-komjen-listyo-berlangsung-cepat-di-komisi-iii-RujGcpl4qj.jpg Komjen Listyo Sigit Prabowo (Foto: Antara)

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond Junaidi Mahesa memastikan persetujuan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri tidaklah tergesa-gesa. Hal itu dikarenakan saat mendengarkan paparan makalah yang dibuat Listyo, tak ada satupun fraksi yang menjadikan masalah.

"Kalau dari pandangan semua fraksi tidak ada yang mempermasalahkan. Tetapi kalau baca makalah presisi tidak ada alasan apapun juga bagi fraksi fraksi di Komisi III untuk menolak ya," kata Desmond kepada wartawan di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Selasa (20/1/2021).

Baca Juga:  Komjen Listyo Buka Peluang Anak Lulusan Madrasah Jadi Polisi

Nantinya, kata Desmond, tinggal Kapolri terpilih yang harus bisa mengaplikasikan makalah yang telah disusunnya secara maksimal. Menurutnya, fraksi-fraksi sepakat tagline presisi yang dibawa oleh Listyo dapat dijalankan dengan sesuai apa yang dipresentasikan.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR Adies Kadir menyebut setiap fraksi dalam memberikan tanggapan atas makalah tersebut telah secara maksimal dan mendetil. Nantinya, sambung Adies, pihaknya akan segera mengirim surat kepada Pimpinan DPR agar bisa melaksanakan rapat paripurna secepatnya.

"Kita lihat tadi semua fraksi memberikan pertanyaan yang tajam bahkan memacu sampai halaman per halaman ditanyakan. Jadi, fit and proper tadi apa yang disampaikan Pak Desmond berjalan apa adanya. Selanjutnya, kami menunggu rapat paripurna untuk disetujui DPR, kami hari ini mengirimkan surat ke Pimpinan DPR supaya kalau bisa secepatnya besok dilakukan paripurna persetujuan DPR dan segera dikirim ke presiden," tutur Adies.

Sebelumnya, Komisi III DPR menyetujui calon Kapolri tunggal, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri ke-25. Hal ini diputuskan setelah mendengarkan pandangan dari 9 fraksi di Komisi III DPR setelah melalui rangkaian uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test).

Baca Juga:  Penjelasan Detil Listyo Sigit soal Makalahnya yang Berjudul Presisi 

Setelah fit and proper test rampung sekitar pulu 13.26 WIB, Komisi III DPR sempat menskors rapat hingga pukul 15.00. Namun, rapat dibuka lebih awal yakni pukul 14.19 WIB.

Semuanya memberikan persetujuan kepada Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri, dengan pertimbangan yang positif dan tanpa cela terhadap Komjen Listyo Sigit. Bahkan, termasuk fraksi oposisi yakni Fraksi Demokrat, PKS dan PAN.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini