Viral Sinyal SOS di Pulau Laki, Roy Suryo: Hoax!

Fahmi Firdaus , Okezone · Rabu 20 Januari 2021 16:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 20 337 2347788 viral-sinyal-sos-di-pulau-laki-roy-suryo-hoax-XFJuDWrBNA.jpg foto: ist

JAKARTA – Jagat dunia maya dihebohkan dengan munculnya tanda SOS pada aplikasi Google Maps yang berada di Pulau Laki, lokasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182.

(Baca juga: Viral Sinyal SOS di Pulau Laki, Netizen Ungkap Hal Mengejutkan)

Namun saat diklik, tanda SOS tersebut tidak memberikan informasi atau mengarahkan ke suatu hal tertentu. "No ratings or reviews," tulis keterangan saat tanda merah S.O.S itu setelah diklik.

Pakar Telematika Roy Suryo memastikan, tanda atau sinyal SOS tersebut dipastikan adalah perbuatan orang yang tidak bertanggung jawab alias hoax.

(Baca juga: Ini Alasan Listyo Sigit Hapus Tilang di Jalanan)

Setelah FOTO EDITAN "Pesawat", Suara ANGIN yg dikira "Teriakan" & EDITAN "Merapi Merekah", Kini Netizen hebohTanda "SOS" di P. Laki via Google Map. Ini jelas2 ORANG ISENG,Karena 6 hari lalu tanda tsb masih "Tukang Sate", terus ganti "Wahana Anak2" yg ramai di TikTok. HOAX,” tulis Roy Suryo di akun Twitternya, Rabu (20/1/2021).

Sebelumnya, Direktur Operasional Basarnas, Brigjen TNI (Mar) Rasman mengaku, belum mendapatkan informasi soal viralnya tanda SOS (darurat) di Pulau Laki pada aplikasi Google Maps.

"Sampai saat ini saya belum menerima informasi tersebut, belum menerima datanya. Nanti kita akan cek sesuai dengan informasi yang diberikan tadi," kata Rasman di Gedung JICT II, Rabu (20/1/2021).

Saat ditanyakan kemungkinan adanya penumpang Sriwijaya Air SJ-182 yang masih hidup, Rasman menjawab hingga kini belum ada keterangan terkait hal tersebut.

"Sampai saat ini tidak ada keterangan yang kita dapatkan bahwa ada penumpang yang hidup. Jadi untuk tanda SOS tadi kita coba dalami nanti ya, saya tidak mau berspekulasi apa yang ada di situ," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini