Share

Listyo Sigit Wajibkan Anggota Polri Baca Kitab Kuning

Riezky Maulana, iNews · Rabu 20 Januari 2021 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 20 337 2347640 listyo-sigit-akan-wajibkan-anggota-polri-baca-kitab-kuning-qLtiwX8Sl7.jpg Foto: Sindonews

JAKARTA - Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo akan banyak melakukan kerja sama dengan para tokoh-tokoh agama ke depannya. Hal tersebut dilakukannya agar masyarakat dapat terhindar dari paparan ajaran radikalisme.

(Baca juga: Viral Sinyal SOS di Pulau Laki, Netizen Ungkap Hal Mengejutkan)

โ€œAkan bekerjasama dengan tokoh-tokoh agama, tokoh-tokoh ulama untuk kemudian melakukan upaya pencegahan dengan memberikan penjelasan supaya masyrakat tidak mudah terpapar," kata Listyo Sigit Prabowo saat fit and proper test bersama Komisi III DPR, Rabu (20/1/2021).

(Baca juga: Komjen Listyo Sigit: Tidak Ada Lagi Polisi yang Tilang di Jalanan!)

Bahkan, Sigit sempat sedikit menceritakan ketika menjabat sebagai Kapolda Banten dirinya sempat mewajibkan para anggotanya yang beragama Islam untuk membaca kitab kuning. Cara tersebut dilakukannya setelah mendapatkan masukan dari ulama setempat.

"Dulu di Banten saya pernah sampaikan, anggota wajib untuk belajar kitab kuning. Karena kami mendapatkan masukan dari ulama ulama yang kami datangi bahwa untuk mencegah berkembangnya terorisme salah satunya adalah dengan belajar kitab kuning," ucapnya.

Dia menuturkan, menerapkan membaca kitab kuning tersebut untuk mencegah tindakan terorisme adalah sesuatu yang tepat. Oleh karenanya, dia akan kembali menerapkan cara tersebut bilamana menjabat sebagai Kapolri.

"Tentunya baik di eksternal maupun internal itu saya yakini bahwa apa yang disampaikan oleh kawan-kawan ulama itu benar adanya," tandasnya.

Sebagaimana diketahui, Listyo Sigit pernah menjabat Kapolda Banten selama dua tahun, terhitung sejak 5 Oktober 2016 hingga 13 Agustus 2018. Saat di Banten, Sigit dinilai mampu menciptakan kondisi dan situasi aman tanpa gejolak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini