Tak Ajukan Esepsi, Pengacara Gus Nur: Karena Tak Bakal Diperhatikan!

Ari Sandita Murti, Sindonews · Selasa 19 Januari 2021 18:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 19 337 2347237 tak-ajukan-esepsi-pengacara-gus-nur-karena-tak-bakal-diperhatikan-AnAqHDbkhV.jpg Gus Nur (Foto: Sindo)

JAKARTA - Kubu terdakwa Sugi Nur Raharja atau Gus Nur tak mengajukan eksepsi dalam sidang kasus dugaan ujaran kebencian yang menjeratnya itu di PN Jakarta Selatan sehingga persidangan bakal langsung ke pembuktian. Adapun alasannya hakim dianggap tak bakal memperhatikan pembelaannya itu.

Tim pengacara Gus Nur, Eggi Sudjana menilai, persidangan Gus Nur itu dalam proses hukum bisa disebutkan tidak equal di antara pembela, jaksa, polisi, dan hakim. Dia menduga, jaksa, polisi, dan hakim bersatu melawa pihak Gus Nur meskipun sejatinya institusi tersebut memiliki tugasnya masing-masing.

Baca Juga:  JPU Beberkan Pernyataan Gus Nur yang Mengandung Ujaran Kebencian

Maka itu, dia menilai percuma saja mengajukan eksepsi di persidangan. "Kenapa kami tidak eksepsi karena tak bakal eksepsi kami diperhatikan sehingga kami langsung saja ke proses pembuktiannya," ujarnya pada wartawan, Selasa (19/1/2021).

Sama halnya dengan Eggi, pengacara Gus Nur lainnya, Ahmad Khazinudin menambahkan, sesuai kesepakatan tim pengacara dan Gus Nur, pihaknya tak mengajukan eksepsi karena ingin agar sidangnya bisa segera ke agenda pembuktian.

"Kami ingin langsung membuktikan pokok pembelaan kami, pokok perkara apakah saksi-saksi itu benar menyatakan keteranga dalam persidangan, termasuk apa yang disampaikan Gus Nusr bukankah hal yang fitnah," tuturnya.

Baca Juga: Pengacara Bakal Ikhtiar Maksimal Minta Penangguhan Penahanan Gus Nur

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini