KPK Lacak Keberadaan Harun Masiku Lewat Kerabatnya

Arie Dwi Satrio, Okezone · Selasa 19 Januari 2021 15:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 19 337 2347100 kpk-lacak-keberadaan-harun-masiku-lewat-kerabatnya-vIZAhhSdzr.jpg Daniel Tonapa Masiku (Foto: Arie Dwi Satrio)

JAKARTA - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih terus menelusuri keberadaan buronan kasus suap pengurusan Pergantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPR, Harun Masiku. Penyidik menelusuri keberadaan Harun Masiku dengan menggali keterangan dari seorang Pengacara, Daniel Tonapa Masiku, pada hari ini, Selasa 19 Januari 2021.

Daniel Tonapa Masiku sendiri juga merupakan kerabat atau masih punya hubungan keluarga dengan Harun Masiku. Daniel diperiksa penyidik pada hari ini sebagai saksi untuk mencari informasi ihwal keberadaan Harun Masiku yang sudah buron selama lebih dari setahun.

Baca Juga: KPK Periksa Kerabat Buronan Sakti Harun Masiku

Usai diperiksa, Daniel Masiku mengaku dikonfirmasi oleh penyidik ihwal keberadaan Harun. Kendati demikian, Daniel mengklaim sama sekali tidak mengantongi informasi terkait keberadaan Harun Masiku.

"Penyidik menanyakan hanya seputar itu aja, apakah ada informasi (soal Harun Masiku). Ya saya bilang enggak ada informasi," ujar Daniel di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (19/1/2021).

Daniel menjelaskan bahwa Harun memang sempat tinggal bersama dirinya, jauh sebelum adanya kasus suap pengurusan PAW Anggota DPR. Hanya saja, Daniel mengaku sudah tidak lagi berkomunikasi dengan Harun selama tiga tahun. 

"Terakhir saya ketemu itu mungkin tiga atau empat tahun yang lalu. Saya sama sekali tidak ada informasi yah," beber Daniel.

Daniel mengaku kaget mendengar adanya kabar bahwa Harun Masiku meninggal dunia. Sebab, ia mengklaim sudah lama sekali tidak menjalin komunikasi dengan Harun Masiku. Ia berharap kabar tersebut tidaklah benar.

"Dan harapan saya supaya segera bisa ditemukan, tentu itu juga harapan dari keluarga. Dari saya pribadi karena masih ada saudaranya ya, saya secara pribadi meminta (Harun Masiku) segera menyerahkan diri. Supaya segara ada kepastian bagi dia, kepastian bagi keluarga," ungkapnya.

Baca Juga: Setahun Harun Masiku Buron, Ini Kata Polri

Sekadar informasi, Harun Masiku merupakan mantan Caleg asal PDI Perjuanhan yang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap pemulusan proses Pergantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPR oleh KPK.

Harun ditetapkan sebagai tersangka bersama tiga orang lainnya. Ketiganya yakni, mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan (WSE), Mantan Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sekaligus orang kepercayaan Wahyu, Agustiani Tio Fridelina (ATF) serta pihak swasta, Saeful (SAE).

Namun, Harun lolos dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK. Ia berhasil melarikan diri. Ia telah ditetapkan sebagai buronan KPK pada Januari 2020. Harun juga telah dicegah untuk bepergian ke luar negeri. Kendati demikian, hingga kini belum diketahui keberadaan Harun Masiku.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini