Proses Hukum terhadap Gus Nur Dinilai Diskriminatif dan Tidak Adil

Ari Sandita Murti, Sindonews · Selasa 19 Januari 2021 15:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 19 337 2347095 proses-hukum-terhadap-gus-nur-dinilai-diskriminatif-dan-tidak-adil-6t2pU8E1tP.jpg Gus Nur (Foto: Instagram Gus Nur)

JAKARTA - Pengacara Gus Nur, Azis Yanuar menyebutkan, proses hukum yang menjerat Sugi Nur Raharja atau Gus Nur terkesan tebang pilih. Sehingga, penegakan hukum pada Gus Nur menjadi diskriminatif dan tidak adil.

"Jadi lagi-lagi kita saat ini dihadapkan dengan dugaan penegakan hukum yang diskriminatif dan tidak adil, yang mana dangat melukai rasa keadilan masyarakat," ujar Azis pda wartawan, Selasa (19/1/2021).

Baca Juga:  Sidang Perdana Gus Nur Terdakwa Ujaran Kebencian terhadap NU Digelar Hari Ini

Menurutnya, pada sekitar tahun 2018 silam, Gus Nur pernah melaporkan seseorang ke polisi atas dugaan kasus serupa yang dialaminya saat ini, yakni tentang UU ITE dengan pasal yang sama pula. Namun, laporan tersebut hingga saat ini hanya berjalan di tempat saja atau mandek tanpa ada proses hukum lanjutan.

"Nah, sekarang justru berlaku sebaliknya terhadap dia sebagai terlapor. Sekarang kita bisa lihat faktanya beliau ditahan dan ditangkap, diperlakukan seperti itu dan sampai sekarang prosesnya disidangkan," tuturnya.

Maka itu, tambahnya, penegakan hukum yang dilakukan oleh aparat penegak hukum terkesan tebang pilih. Pihaknya pun menyesalkannya, tapi dia tetap berharap kalau hakim dalam persidangan Gus Nur ini bisa berlaku adil.

Baca Juga: Gus Miftah : Kapolri Tidak Harus Muslim, Listyo Sangat Dekat dengan Umat Islam!

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini