Komnas HAM: Belum Ada Pemberitahuan Kami Digugat Keluarga Laskar FPI

Felldy Utama, iNews · Selasa 19 Januari 2021 08:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 19 337 2346787 komnas-ham-belum-ada-pemberitahuan-kami-digugat-keluarga-laskar-fpi-Fkejlv677h.jpg Anggota Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengungkapkan alasan ketidakhadiran di dalam ruang sidang praperadilan perdana terkait penangkapan Laskar Front Pembela Islam (FPI), di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Senin (18/1/2021) kemarin.

"Sampai saat ini belum ada pemberitahuan ke Komnas kalau kami ikut digugat," kata Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Senin (18/1/2021) malam.

Meski begitu, ia menghormati jika ada gugatan yang ditujukan kepada Komnas HAM. Menurutnya, hal itu merupakan salah satu mekanisme hukum yang ada dan bisa ditempuh jika ada pihak yang tidak puas.

Beka belum bisa memastikan, apakah pihaknya akan menghadiri pemanggilan sidang praperadilan yang akan datang. Komnas HAM, kata dia, akan menunggu pemberitahuan terkait hal tersebut.

Baca juga: PP Muhammadiyah: Pembunuhan Laskar FPI Harusnya Masuk Pelanggaran HAM Berat

Jika sudah ada pemberitahuan tersebut, Komnas HAM juga akan menindaklanjuti terlebih dahulu apa yang menjadi gugatan dari pihak pemohon. "Kita lihat dan mempelajari dulu materi gugatan yang ada," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Sidang perdana praperadilan alasan penangkapan Laskar Front Pembela Islam (FPI) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) hanya berlangsung singkat, Senin (18/1/2021). Sidang berlangsung kurang dari 30 menit.

Sidang dipimpin oleh Hakim tunggal Ahmad Suhel. Pada kesempatan itu dia sempat mempertanyakan polisi dan Komnas HAM selaku termohon tidak hadir.

Keluarga M Suci Khadavi Putra menggugat praperadilan tidak sahnya penangkapan Laskar FPI di KM 50 Tol Jakarta-Cikampek. Selain polisi, ternyata keluarga juga menggugat Komnas HAM.

Komnas HAM dinilai mandek atau tak ada tindak lanjut atas hasil investigasi yang dilakukannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini