Tinjau Dampak Banjir di Kalsel, Jokowi : Jembatan Runtuh, Puluhan Ribu Warga Mengungsi

Erha Aprili Ramadhoni, Okezone · Selasa 19 Januari 2021 04:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 19 337 2346713 tinjau-dampak-banjir-di-kalsel-jokowi-jembatan-runtuh-puluhan-ribu-warga-mengungsi-ta7mX5jlDg.jpeg Presiden Jokowi (Twitter/@jokowi)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memantau dampak banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin (18/1/2021). Dalam pantauannya tersebut, Presiden Jokowi melihat dampak kerusakan akibat gempa.

Salah satu yang terdampak banjir adalah jembatan Mataraman di Kabupaten Banjar. Jembatan tersebut bahkan runtuh. Sementara itu, puluhan ribu warga terpaksa mengungsi imbas banjir.

"Saya sudah melihat langsung dampak banjir di sejumlah tempat di Kalsel. Sejumlah sarana penghubung rusak, salah satunya Jembatan Mataraman di Kab. Banjar yang runtuh. Puluhan ribu warga terpaksa mengungsi," tulis Jokowi dalam akun Twitter pribadinya @jokowi, seperti dilihat pada Selasa (19/1/2021).

Kepala Negara pun mengungkapkan rasa duka cit mendalam atas korban meninggal dalam bencana banjir tersebut.

Sementara itu, Jokowi mengaku telah memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk memperbaiki jembatan yang runtuh. Jokowi menargetkan agar jembatan itu selesai diperbaki dalam beberapa hari ke depan.

Baca Juga : Jokowi: Ini Banjir Besar, Mungkin Lebih dari 50 Tahun Tidak Terjadi di Kalsel

"Saya telah memerintahkan kepada Menteri PUPR untuk memperbaiki beberapa jembatan yang runtuh dalam beberapa hari ini," katanya.

"Untuk warga yang berada di pengungsian, saya akan tetap memantau untuk memastikan ketersediaan logistik dan kebutuhan lain mereka," ujarnya.

Baca Juga : Jokowi Pastikan Banjir Kalsel Akibat Luapan Sungai Barito

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini