Jokowi Pastikan Banjir Kalsel Akibat Luapan Sungai Barito

Dita Angga R, Sindonews · Senin 18 Januari 2021 19:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 18 337 2346619 jokowi-pastikan-banjir-kalsel-akibat-luapan-sungai-barito-smqI8VOwLx.jpg Presiden Jokowi meninjau lokasi banjir di Kalimantan Selatan (Foto: Biro Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan banjir yang terjadi Kalimantan Selatan (Kalsel) akibat dari luapan Sungai Barito. Menurutnya, curah hujan yang tinggi hampir 10 hari berturut-turut membuat sungai tak cukup menampung debit air.

“Sehingga daya tampung Sungai Barito yang biasanya menampung 230 juta meter kubik sekarang ini masuk air sebesar 2,1 miliar kubik air. Sehingga memang meluap di 10 kabupaten dan kota,” ujarnya Jokowi saat melakukan kunjungan kerja ke Kalsel, Senin (18/1/2021).

Pada kunjungan tersebut, Jokowi meninjau lokasi terdampak banjir di Kelurahan Pekauman, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar Kalsel. Jokowi juga menyerahkan sejumlah bantuan sembako, makanan siap saji, dan masker ke beberapa warga di lokasi terdampak banjir.

Baca Juga:  Jokowi: Ini Banjir Besar, Mungkin Lebih dari 50 Tahun Tidak Terjadi di Kalsel

Jokowi mengatakan ada beberapa jembatan yang rusak akibat banjir besar tersebut. “Ada beberapa jembatan yang runtuh seperti yang kita lihat di belakang ini. Ini juga salah satu jembatan yang runtuh akibat banjir,” katanya.

Dia memberikan waktu tiga sampai empat hari kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk memperbaiki kerusakan tersebut. Dengan begitu distribusi bantuan tidak terganggu.

“Dan saya sudah minta ke menteri pu agar dalam tiga, empat hari ini bisa diselesaikan. Sehingga mobilitas distribusi barang tidak terganggu,” ujarnya.

Baca Juga: Di Bawah Guyuran Hujan, Jokowi Jalan Kaki Cek Lokasi Banjir di Kalsel

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini