Jokowi: Ini Banjir Besar, Mungkin Lebih dari 50 Tahun Tidak Terjadi di Kalsel

Dita Angga R, Sindonews · Senin 18 Januari 2021 19:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 18 337 2346616 jokowi-ini-banjir-besar-mungkin-lebih-dari-50-tahun-tidak-terjadi-di-kalsel-ZMOS2KRTKW.jpg Presiden Jokowi tinjau lokasi banjir di Kalimantan Selatan (Foto: Biro Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Pada kunjungan itu, Jokowi menyebut bahwa banjir besar ini baru terjadi pertama kali setelah lebih dari 50 tahun.

“Hari ini saya meninjau banjir di Provinsi Kalimantan Selatan yang terjadi di hampir 10 kabupaten dan kota. Ini adalah sebuah banjir besar yang mungkin sudah lebih dari 50 tahun tidak terjadi di provinsi Kalimantan Selatan,” katanya, Senin (18/1/2021).

Baca Juga:  Di Bawah Guyuran Hujan, Jokowi Jalan Kaki Cek Lokasi Banjir di Kalsel

Dia menyebut, bahwa curah hujan tinggi yang menyebabkan banjir besar terjadi di kalsel. Di mana, curah hujan tinggi terjadi hampir 10 hari berturut-turut.

“Sehingga daya tampung Sungai Barito yang biasanya menampung 230 juta meter kubik sekarang ini masuk air sebesar 2,1 miliar kubik air.Sehingga memang meluap di 10 kabupaten dan kota,” ujarnya.

Seperti diketahui pada kunjungan tersebut, Jokowi meninjau lokasi terdampak banjir di Kelurahan Pekauman, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar Kalsel. Di sela peninjauan, Jokowi turut menyerahkan sejumlah bantuan sembako, makanan siap saji, dan masker ke beberapa warga di lokasi terdampak.

Baca Juga: Bantu Korban Banjir di Kalsel, Paskhas Sisir 3 Lokasi 

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini