Identifikasi Penumpang Sriwijaya, Tim DVI Polri Periksa Rekaman CCTV Bandara

Okto Rizki Alpino, Sindonews · Senin 18 Januari 2021 11:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 18 337 2346301 indentifikasi-penumpang-sriwijaya-tim-dvi-polri-periksa-rekaman-cctv-bandara-4y6RC2GKC1.jpg Konpers di RS Polri terkait Sriwijaya Air (Foto : Sindonews/Okto)

JAKARTA - Tim Disaster Victim Identification (DVI) terus melakukan proses identifikasi terhadap para korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu pada Sabtu 9 Januari 2021. Untuk memudahkan identifikasi itu, Tim DVI memeriksa kamera CCTV Bandara Soekarno-Hatta tempat di mana pesawat Sriwijaya Air lepas landas.

Kasubag Ren Inafis Polri AKBP Yani mengatakan, pemeriksaan kamera CCTV Bandara Soekarno-Hatta dilakukan sebagai data tambahan dalam proses identifikasi korban.

"Inafis sudah mengantongi data dari CCTV, nanti CCTV yang ada di bandara terkait dengan sebelum korban memasuki pesawat, akan dianalisis di alat kami," kata Reni di RS Polri Kramat Jati, Senin (18/1/2021).

Dikatakan Reni, data wajah para korban yang diperoleh dari kamera CCTV di Bandara Soekarno-Hatta nantinya disandingkan dengan data sidik jari dalam database perekaman saat pembuatan e-KTP.

"Sidik jari dan wajah kami cocokan, dikerucutkan di dalam alat namanya face recognition. Tentu saja terkait dengan tupoksi kami butuh proses dan dukungan dari semua pihak," ujarnya.

Baca Juga : Basarnas Kerahkan 300 Penyelam Gabungan di Hari Kesepuluh Pencarian Sriwijaya Air

Tak hanya itu, lanjut dia, Tim DVI juga akan meminta foto terakhir korban untuk data tambahan proses identifikasi jenazah.l yang akan dianalisa lewat alat identifikasi wajah face recognition.

"Kondisi yang saat ini sudah ada atau eksisting di kami adalah data-data yang tercover atau terkumpul di Inafis portable system, kemudian dalam face recognation dan MAMBIS (Mobile Automated Multi- Biometric Identification System)," ungkapnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini