Ustadz Yusuf Mansur Kenang Pertemuan Pertamanya dengan Syekh Ali Jaber

Riezky Maulana, iNews · Jum'at 15 Januari 2021 17:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 15 337 2345140 ustadz-yusuf-mansur-kenang-pertemuan-pertamanya-dengan-syekh-ali-jaber-5z7GEozRRc.JPG Foto: Istimewa

JAKARTA - Ustadz Yusuf Mansur (UYM) menceritakan bagaimana awal mula dirinya bisa menjalin kedekatan dengan Syekh Ali Jaber.

Kedekatan keduanya ternyata berawal dari laporan salah satu jamaah yang mengatakan bahwa ada seorang imam masjid yang berasal dari Madinah, Arab Saudi dan mengajar Al Quran di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat.

Jamaah tersebut, kata UYM menuturkan barangkali imam masjid itu dapat menjadi tenaga pengajar di salah satu pesantren milik UYM. Menurut sang jamaah, nampaknya ilmu imam masjid itu bisa berdampak luas bagi Indonesia ke depannya.

"Saya waktu itu mendengar ada imam dari Madinah, mengajar ngaji di Masjid Sunda Kelapa. Saya dikasih tau oleh jemaah bahwa bagus itu ustad, barangkali bisa ngajar ngajar di pesantren ustad, kayaknya manfaat deh buat indonesia. Jadi kalau boleh kemudian dibilang yang paling berjasa adalah jamaah tersebut. Saya tidak kenal sampai sekarang, cuma lewat sms waktu itu," katanya, Jumat (15/1/2021).

Dia pun merasa sangat terhormat ketika pihak keluarga memilih untuk memakamkan jenazah Syekh Ali Pondok Pesantren Darul Quran, Tanggerang. UYM juga menganggap hal itu sebagai pengingat bahwa dirinya harus tetap mengamalkan Al Quran.

"Darul Quran adalah awal dari beliau kemudian berdakwah di Indonesia. Jadi merasa terhormat, merasa, ya Allah mungkin ini cara Allah untuk mengingatkan saya untuk terus berada di jalur Al Quran," ucapnya.

Selain itu, dimakamkannya Syekh Ali di pesantrennya menjadi acuan dari Allah agar dirinya bisa menerapkan semangat Syekh Ali di dalam kehidupan sehari-hari. Sambil menceritakan itu, UYM mengaku merasa terharu.

"Jadi kayak Allah bilang gini lho, Suf aku taro nih si Syekh Ali di sini supaya kamu tidak berubah, supaya kamu ingat terus, supaya kamu bisa berdampingan meskipun beliau sudah di alam kubur. Spiritnya, cita-citanya, dan juga impiannya, saya terharu," tuturnya.

Diketahui sebelumnya ulama kondang Syekh Ali Jaber meninggal dunia di Rumah Sakit Yasri Cempaka Putih pada Kamis (14/1/2020). Syekh Ali menghembuskan nafas terakhir sekira pukul 08.30 WIB.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini