Proses Identifikasi Korban Kecelakaan Pesawat Sriwijaya Terus Berjalan

Okto Rizki Alpino, Sindonews · Jum'at 15 Januari 2021 14:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 15 337 2345026 proses-identifikasi-korban-kecelakaan-pesawat-sriwijaya-terus-berjalan-i9Qt1hHWoF.jpg Foto: Illustrasi Okezone.com

JAKARTA - Tim Disaster Victim Identification (DVI) baru berhasil mengidentifikasi 12 jenazah korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182. Hingga hari keenam pasca kecelakaan setidaknya masih ada 50 korban lagi yang belum teridentifikasi.

Tim DVI sendiri sejauh ini sudah menerima 155 kantong jenazah berisi potongan tubuh dan 134 sampel DNA dari keluarga korban.

Baca juga:  Operasi Evakuasi Sriwijaya Air SJ-182 Diperpanjang 3 Hari 

Kepala Bidang DVI Polri, Kombes Ahmad Fauzi mengatakan, proses identifikasi korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 melalui sidik jari dan gigi geligi lebih cepat, dibanding data DNA. Tetapi tidak semua body part korban yang diterima dapat diidentifikasi dengan sidik jari dan gigi geligi.

Baca juga:  Hari Ketujuh Evakuasi Sriwijaya Air, 310 Penyelam Dikerahkan

Oleh karena itu Tim DVI harus mengidentifikasi dengan data DNA sehingga proses identifikasi sedikit berjalan lambat.

"Sidik jari dan gigi proses (identifikasi) relatif cepat, karena tidak ribet dibanding DNA tetapi semua sangat-sangat akurat. Apabila jenazah tidak utuh maka kami butuh DNA jadi butuh waktu lama karena ada tahapan-tahapannya," kata Fauzi di RS Polri Kramat Jati, Jumat (15/1/2021).

Terkait hambatan yang dialami Tim DVI, Fauzi meminta kepada seluruh keluarga korban untuk bersabar. Sebab lanjut dia, proses identifikasi melalui DNA harus dikerjakan tanpa tergesa-gesa agar mendapatkan hasil yang akurat.

"Saya harap keluarga bersabar, karena proses DVI lebih baik lambat asal tepat dibanding kami terburu-buru tetapi salah identifikasi," pungkasnya.

 

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini