Hari Ketujuh Evakuasi Sriwijaya Air, 310 Penyelam Dikerahkan

Giri Hartomo, Okezone · Jum'at 15 Januari 2021 08:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 15 337 2344785 hari-ketujuh-evakuasi-sriwijaya-air-310-penyelam-dikerahkan-AeJRiiOlKu.jpeg Ilustrasi (Foto : Antara)

JAKARTA - Tim SAR Gabungan akan melanjutkan pencarian dan pertolongan korban dan serpihan pesawat Sriwijaya Air SJ-182. Diharapkan tidak ada kendala berarti dalam proses pencarian dan pertolongan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 pada hari ketujuh ini.

Direktur Operasi Badan SAR Nasional (Basarnas) Brigjen TNI Rasman mengatakan, dalam operasi hari ketujuh ini, pihaknya menambah jumlah penyelam dari 260 menjadi 310.

“Untuk penyelaman hari ini kurang lebih 310 orang, kita tambah kemarin 260 orang,” ujarnya di Dermaga JICT 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (15/1/2021)

Nantinya, penyelam tersebut akan akan dibagi ke dalam beberapa titik konsentrasi. Ada beberapa yang fokus untuk mencari korban, puing pesawat dan cockpit voice recorder (CVR) yang hingga saat ini belum ditemukan.

“Nanti tetap membagi ada yang konsentrasi jepada korban, puing dan korban. Itulah informasi awal,” ucapnya.

Selain operasi lewat bawah air, pencarian juga dilakukan lewat jalur udara. Pencarian lewat udara ini nantinya akan diperluas untuk mengantisipasi kemungkinan serpihan dan juga korban yang terbawa arus.

“Rencana operasi kita pencarian udara agak diperluas karena waktu berjalan, ada yang terbawa arus semakin menjauh. Jadi udara tetap kita lakukan pemantauan,” jelasnya

Baca Juga : BPBD Mamuju : 3 Orang Meninggal dan 24 Terluka Dampak Gempa M 6,2

Pencarian juga dilakukan di atas permukaan air. Adapun armada kapal yang disiapkan untuk operasi pencarian di permukaan ada sekitar 62 kapal besar yang disiapkan, lalu ada alut kecil sebanyak 21 buah, dan tambahan pesawat terbang satu unit.

Untuk pencarian di atas permukaan ini nantinya akan diperluas hingga ke pantai. Mengingat, arah angin yang terjadi dalam beberapa hari ini bergerak dari barat ke selatan.

“Untuk pencarian di atas permukaan sama, walaupun sektor sama yaitu 6 sektor. Saya akan menggeser dikit ke aah pantai. Karena angin dari kemarin dari barat ke selatan sehingga (kalau) ada yang hanyut akan bergeser ke arah pulau,” ucapnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini