Komjen Listyo Dinilai Dapat Perkuat Sinergi Ulama dan Umara

Agregasi Sindonews.com, · Kamis 14 Januari 2021 00:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 14 337 2344032 komjen-listyo-dinilai-dapat-perkuat-sinergi-ulama-dan-umara-RIH95wYuXi.jpg Foto: Sindonews

JAKARTA –Komisi III DPR telah merampungkan rapat pimpinan (Rapim) dengan Kapoksi Komisi III, dalam rangka membahas mekanisme uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon kapolri, Komjen Listyo Sigit Prabowo.

Komisi III menargetkan hasil fit and proper test selesai pada hari Selasa 19 Januari 2021 pekan depan.

(Baca juga: Reserse Tulen, Ini Rekam Jejak Listyo Sigit Calon Kapolri Pilihan Jokowi)

Demikian disampaikan Ketua Komisi III DPR, Herman Hery, saat melaporkan hasil rapat internal tersebut. Dia menyebutkan sejumlah tahapan fit and proper test yang akan dilakukan.

(Baca juga: Warga Malaysia Cemburu Indonesia Mulai Program Vaksinasi Covid-19)

Herman menyampaikan bahwa pada hari Kamis (14/1), Komisi III akan mengundang rapat dengar pendapat umum (RDPU) bersama PPATK dan Kompolnas. Tujuan RDPU tersebut adalah untuk meminta masukan dari masyarakat. RDPU ini rencananya akan dimulai sekitar pukul 11.00 WIB.

(Baca juga: Kiai Ma'ruf: Ulama dan Umara Harus Kompak Hadapi Masalah Keumatan)

"Jadwal berikutnya hari Senin (18/1/2021), calon akan diundang ke sini untuk membuat makalah. 1-2 jam pembuatan makalah itu," kata Herman di depan ruang rapat Komisi III DPR,” ujar Herman.

Selanjutnya, kata dia pada hari Selasa (18/1/2021), Komisi III DPR akan masuk pada inti dari tahapan ini, yakni menggelar fit and proper test calon Kapolri.

“Tahapan ini, kata dia, rencananya akan dimulai pukul 10.00 WIB dengan pola fit and proper test, 2 x 2,5 jam,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI), Haris Pertama menyambut baik usulan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyodorkan nama Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi calon tunggal Kapolri kepada DPR RI.

Politikus Partai Golkar ini berkeyakinan bahwa Listyo dapat membawa perubahan di Korps Bhayangkara. Serta membawa institusi ini dengan promoter (profesional, modern, terpercaya).

Haris menjabarkan, saat Listyo menjabat sebagai Kapolda Banten, dia mempunyai berbagai progam yang diapresiasi oleh ulama disana.

“Saat jadi Kapolda Banten, Listyo dikenal ramah dan dicintai ulama disana. Bahkan, banyak marbot masjid dan musala diberangkatkan umroh gratis oleh Listyo,”ujar Haris.

”Ini kan luar biasa. Sampai sudah tidak menjabat lagi, beliau masih tetap peduli terhadap lembaga pendidikan agama di Banten. Oleh karena itu, KNPI meyakini Listyo Sigit bisa membuat ulama dan umara (pemerintah) bisa lebih dekat serta saling bersinergi,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini