Ketua IDI: Bismillah, Mari Bareng-Bareng Divaksin Covid-19

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Rabu 13 Januari 2021 17:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 13 337 2343890 ketua-idi-bismillah-mari-bareng-bareng-divaksin-covid-19-oqc7OC5DvE.jpg Ketua IDI Daeng M Faqih (Foto : BNPB)

JAKARTA - Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M. Faqih memastikan tak merasakan keluahan apapun setelah divaksin Covid-19.

Dia mengatakan, penyuntikan vaksin yang digelar perdana diambil dari perwakilan unsur kesehatan mulai dari dokter, perawat, hingga bidan.

"Mari Bismillah, bareng-bareng ikut divaksinasi karena kepentingannya kalau tenaga kesehatan spesifik, karena prioritas tenaga kesehatan itu rentan banget setiap hari melayani pasien Covid-19," kata Daeng di Kompelks Istana Kepresiden, Jakarta, Rabu (13/1/2021).

Daeng menjelaskan, saat ini sudah 500 tenaga kesehatan gugur karena merawat para pasien Covid-19. Sebanyak 259 dokter tercatat meninggal dunia, dan sisanya dari unsur bidan dan perawat.

"Dengan divaksin pertama ini maka kekebalan tubuh muncul. Kalau kekebalan tubuh muncul harapannya tenaga kesehatan yang tiap hari bersentuhan dengan pasien terlindungi, tidak gampang terinfeksi," ujar dia.

Daeng mengatakan, pihaknya telah menerbitkan maklumat yang meminta seluruh tenaga kesehatan mengikuti program vaksinasi Covid-19.

Baca Juga : 3.987 Nakes Kabupaten Semarang Siap Divaksin, Jatah 2 Dosis Aman

Dia pun mengimbau para tenaga kesehatan tidak khawatir dengan vaksin Covid-19 lantaran sudah ada fatwa halal dan izin penggunaan darurat dari MUI dan BPOM.

"Polemik yang seperti itu kami mengimbau untuk diakhiri karena volume itu muncul sebelum dinyatakan aman sekarang uji klinisnya penelitiannya sudah selesai dan sudah dilakukan penilaian oleh yang punya otoritas Badan POM yang menyatakan aman dan efektif kemudian MUI yang menyatakan suci dan halal," tuturnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini