Wadah Pegawai KPK Sebut Listyo Sigit Sosok Reformis dan Profesional

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Rabu 13 Januari 2021 16:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 13 337 2343831 wadah-pegawai-kpk-sebut-listyo-sigit-sosok-reformis-dan-profesional-NlucL6U77P.jpg Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo. (Foto : Okezone)

JAKARTA - Wadah Pegawai (WP) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyambut baik dipilihnya Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi calon tunggal Kapolri. Menurut WP, Listyo merupakan sosok yang tepat untuk menjadi Kapolri.

"Pilihan Presiden ke Bang Sigit merupakan pilihan tepat karena selama ini memang beliau dikenal sebagai polisi reformis dan profesional. Salah satu buktinya adalah ketika menjabat sebagai Kabareskrim beliau sukses dalam menangani kasus-kasus korupsi besar," ujar Ketua Wadah Pegawai KPK, Yudi Purnomo Harahap dalam keterangan tertulisnya, Rabu (13/1/2021).

Yudi yakin, di bawah kepemimpinan Listyo nantinya kepolisian semakin maju. Dirinya berharap kerjasama polisi dengan KPK akan baik ke depannya.

"Kami berharap bahwa kerjasama Kepolisian dan KPK semakin baik dalam upaya bersama mewujudkan Indonesia yang bebas dari korupsi," ungkapnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi resmi mencalonkan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis yang akan segera memasuki masa pensiun. Hal itu disampaikan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno saat mengantarkan surat pencalonan ke DPR hari ini, Rabu (13/1).

Baca Juga : Komisi III Harap Calon Kapolri Listyo Sigit Bawa Pembaharuan di Polri

Setelah berbincang, pimpinan DPR bersama Pratikno akhirnya mengumumkan isi surat tersebut, dan diumumkan Presiden Jokowi resmi mencalonkan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis yang akan segera memasuki masa pensiun.

"Surpres telah kami terima, presiden menyampaikan calon Kapolri dengan nama tunggal dengan nama Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjabat Kabareskrim Polri," kata Puan membacakan surat di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (13/1/2021).

Baca Juga : Berpengalaman di Bidang Reskrim, Komjen Listyo Sigit Dipercaya Akan Tegas Pimpin Polri

Dengan demikian, DPR RI bisa segera memproses surat tersebut sesuai dengan aturan dan mekanisme yang berlaku. Surat tersebut akan dibahas di Rapat Pimpinan DPR, Rapat Badan Musyawarah (Bamus) bersama perwakilan fraksi di DPR untuk memberikan mandat tersebut kepada Komisi III DPR yang membidangi hukum dan HAM.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini