RS Polri Segera Identifikasi Korban Pesawat Sriwijaya Air lewat Sampel DNA

Puteranegara Batubara, Okezone · Rabu 13 Januari 2021 13:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 13 337 2343680 rs-polri-segera-identifikasi-korban-pesawat-sriwijaya-air-lewat-sampel-dna-1m70vxmaHm.jpg Evakuasi korban Sriwijaya Air. (Foto : Sindonews/Komaruddin Bagja)

JAKARTA - Rumah Sakit (RS) Polri menyatakan akan segera melakukan proses identifikasi korban insiden jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 melalui sampel DNA yang didapatkan dari pengumpulan Ante Mortem pihak keluarga.

"Kalau tidak ada halangan, Kamis atau Jumat sudah mulai analisis, mulai mencocokkan dan mudah-mudahan seperti kemarin berhasil dengan baik," kata Kepala Laboratorium DNA Pusdokkes Polri, Kombes Ratna Relawati dalam konferensi pers di RS Polri, Jakarta Timur, Rabu (13/1/2021).

Ratna menjelaskan, proses identifikasi korban melalui sampel DNA membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun, ia menekankan jajaranya tengah bekerja secara maksimal untuk mengidentifikasi bagian tubuh korban yang telah ditemukan.

"Kalau secara normal menurut ISO (standarisasi) itu 10-15 hari, tapi kita padatkan, maksudnya orang (tenaga medis) yang biasanya bekerja sampai jam 3 (sore) kita kerjakan jam 12 malam, alatnya demikian," ujar Ratna.

Proses identifikasi korban melalui sampel DNA menjadi pilihan terakhir yang dilakukan oleh Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri. Apabila sudah tidak ada lagi bagian tubuh korban yang dapat teridentifikasi melalui sidik jari.

Baca Juga : Hari Ke-5 Evakuasi Korban Sriwijaya Air, Basarnas Kerahkan 3.300 Personel dan 54 Kapal

RS Polri sejauh ini telah mengidentifkasi empat korban Sriwijaya Air SJ-182 melalui sidik jari. Hal tersebut dilakukan dengan mencocokkan data sidik jari korban yang ditemukan dan data Direktorat Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Baca Juga : FDR Sriwijaya Air SJ-182 Akhirnya Ditemukan

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini