Komjen Listyo Calon Kapolri, Komisi III Akan Gelar Fit and Proper Test

Tim Okezone, Okezone · Rabu 13 Januari 2021 12:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 13 337 2343623 komjen-listyo-calon-kapolri-komisi-iii-akan-gelar-fit-and-proper-test-DbRh46F3Do.jpg Foto: Sindonews

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mencalonkan nama Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri pengganti Jenderal Pol Idham Azis yang akan segera memasuki purna tugas.

(Baca juga: Ketua DPR: Jokowi Pilih Komjen Listyo Jadi Calon Kapolri Tunggal)

DPR RI bisa segera memproses surat presiden (surpres) yang dibawa Mensesneg Pratikno sesuai dengan aturan dan mekanisme yang berlaku.

(Baca juga: Mayor Iwan, Pasukan Khusus Penemu Black Box Sriwijaya Air Mampu Menyelam di Kedalaman Ekstrim)

Surat tersebut akan dibahas di Rapat Pimpinan DPR, Rapat Badan Musyawarah (Bamus) bersama perwakilan fraksi di DPR untuk memberikan mandat tersebut kepada Komisi III DPR yang membidangi hukum dan HAM untuk segera menggelar uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Kapolri.

"Surpres telah kami terima, presiden menyampaikan calon Kapolri dengan nama tuunggal dengan nama Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjabat Kabareskrim Polri," kata Ketua DPR Puan Maharani saat membacakan surat di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (12/1/2021).

Komisi III DPR sendiri pada pukul 12.00 WIB hari ini dijadwalkan akan menggelar rapat Pimpinan dan Ketua Kelompok Fraksi (Kapoksi) di Komisi III DPR guna membahas mekanisme uji kepatutan dan kelayakan calon Kapolri.

"Kami akan menugaskan komisi untuk melakukan uji kelayakan atau fit and proper, kemudian dibawa ke rapat paripurna untuk mendapatkan persetujuan dewan," tutup Puan.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini