DPR: Ada Informasi Surpres Calon Kapolri Dikirim Sore Ini atau Besok Jam 11.00

Felldy Utama, iNews · Selasa 12 Januari 2021 14:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 12 337 2343149 dpr-ada-informasi-surpres-calon-kapolri-dikirim-sore-ini-atau-besok-jam-11-00-zSfzk2sV53.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum juga mengirimkan surat terkait usulan nama calon Kapolri kepada DPR, hingga Selasa (12/1/2021) siang. Surat tersebut nantinya akan ditindaklanjuti dengan mekanisme atau tahapan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Kapolri di Komisi III DPR.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Komisi III DPR Adies Kadir membenarkan pihaknya hingga siang ini belum mendapatkan kepastian, kapan Istana akan mengirimkan surpes tersebut. Kendati demikian, ia mengakui telah menerima banyak informasi terkait hal tersebut.

"Ada yang bilang sore ini, ada yang bilang besok jam 11, besok hari Rabu kan," kata Adies disela-sela rapat pimpinan (Rapim) Komisi III DPR yang digelar secara tertutup di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (12/1/2021). 

Kendati demikian, politikus Golkar itu menegaskan sikap komisinya dalam hal ini akan tetap menunggu Supres tersebut dikirimkan kepada DPR. Sehingga, selanjutnya Komisi III bisa menindaklanjuti ke tahapan fit and proper test.

Baca juga: DPR: Profesionalitas dan Rekam Jejak Harus Jadi Acuan Jokowi Pilih Kapolri

"Jadi kita juga akan menunggu dan bergerak cepat apabila Surpres dari Presiden sudah masuk dan dikirim ke komisi III," ujar dia. 

Adapun lima calon kapolri yang direkomendasikan Kompolnas ke Jokowi seluruhnya berpangkat komjen alias jenderal bintang 3, mereka adalah Gatot Edy Pramono, Boy Rafly Amar, Listyo Sigit Prabowo, Arief Sulistyanto, dan Agus Andrianto.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini