Vaksin Sinovac Halal, Menag Minta Masyarakat Tak Ragu Ikuti Vaksinasi

Binti Mufarida, Sindonews · Selasa 12 Januari 2021 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 12 337 2343132 vaksin-sinovac-halal-menag-minta-masyarakat-tak-ragu-ikuti-vaksinasi-n4C35szSO0.jpg Gus Yaqut. (Foto: Antara)

JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas meminta kepada seluruh masyarakat Indonesia tidak ragu dengan kehalalan vaksin Covid-19 dari Sinovac. Apalagi, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa halalnya.

“Untuk itu dalam kesempatan ini juga saya ingin meminta kepada seluruh umat beragama, seluruh umat beragama yang sesuai dengan kriteria dan syarat kesehatan yang ditentukan agar untuk jangan ragu mengikuti vaksinasi Covid-19 apabila nanti gilirannya sudah tiba,” tegas Gus Yaqut dalam Konferensi Pers secara virtual Kedatangan Vaksin Covid-19 Sinovac Tahap Ketiga dari Bandara Soekarno Hatta, Senin (12/1/2021).

Gus Yaqut juga meyakinkan kepada umat Islam jika vaksin Covid-19 dari Sinovac tidak mengandung atau tercemar babi ataupun memanfaatkan bagian tubuh manusia.

“Terutama untuk umat Islam, Saya ingin juga menyampaikan bahwa sudah ada fatwa halal dan suci dari Majelis Ulama Indonesia dalam hal ini sudah disampaikan oleh Komisi Fatwa MUI,” ujar dia.

Dalam kesempatan itu, Gus Yaqut pun menyampaikan isi Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2021 tertanggal 11 Januari 2021 tentang produk vaksin Covid-19 dari Sinovac Life Science China dan PT Bio Farma.

Baca juga: Pelajar Ini Meninggal Terpapar Covid-19 Setelah Rasakan Sakit di Dada

Pertama vaksin ini tidak memanfaatkan intifa’ atau intifa’ babi atau bahan yang tercemar babi dan turunannya. Kedua tidak memanfaatkan bagian tubuh manusia atau jus minal insan. 

Ketiga bersentuhan dengan najis mutawasitah, sehingga dihukumi mutanajis, tetapi sudah dilakukan penyucian secara syar’i atau ta'hir syar’i. 

Keempat, menggunakan fasilitas produksi yang suci dan hanya digunakan untuk produk vaksin Covid-19. 

“Artinya vaksin ini boleh digunakan untuk seluruh umat Islam selama terjamin keamanannya menurut ahli yang kredibel dan kompeten,” kata Gus Yaqut.

Gus Yaqut pun meminta kepada seluruh umat beragama di Indonesia untuk saling melindungi dan vaksinasi salah satu bagiannya.

“Kepada seluruh umat beragama warga negara Republik Indonesia, warga bangsa ini saya mengingatkan bahwa semua agama tanpa terkecuali mengajarkan kita untuk saling melindungi. Mengajarkan kita untuk selalu dilindungi di antaranya lain. Dan vaksinasi ini bagian dari upaya untuk menjalankan ajaran agama tersebut,” tegasnya.  

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini