Black Box Pesawat Sriwijaya SJ182 Pancarkan Sinyal, KNKT Buat Triangle Area

Isty Maulidya, Okezone · Senin 11 Januari 2021 16:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 11 337 2342592 black-box-pesawat-sriwijaya-sj182-pacarkan-sinyal-knkt-buat-triangle-area-ISaJwe3qkC.jpg KNKT saat jumpa pers di Bandara Soetta (foto: Okezone/Isty)

TANGERANG - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), telah menandai area yang diduga menjadi lokasi keberadaan dua buah black box milik Sriwijaya Air SJ182. Sinyal yang dikeluarkan blackbox tersebut terdeteksi oleh tim pencari di kedalam 17 hingga 20 meter.

Kepala KNKT, Soerjanto Tjahjono mengatakan, bahwa tim pencari menggunakan perahu karet melakukan pencarian di area yang telah ditandai. Pencarian juga dibantu dengan 3 alat pinger finder yang diturunkan sejak hari Minggu lalu. Tim pencari juga membuat triangle area di tempat yang terdeteksi sinyal blackbox.

"Pinger Finder sudah kita terjunkan sejak kemarin (Minggu, 10 Januari 2021) sore dan melakukan pencarian. Tim telah membuat triangle area untuk mempersempit pencarian," ujar Soerjanto pada Senin (11/1/2021).

Baca juga:  Basarnas Temukan Dokumen Identitas Berlogo Kemenhub saat Pencarian Sriwijaya Air

Pencarian black box juga sempat dihentikan sementara waktu karena terkendala cuaca karena dikhawatirkan dapat membahayakan para penyelam. Namun, pada pukul 20.00 WIB tim pencari dengan perahu karet turun melanjutkan pencarian.

"Karena hujan deras kemarin sore kita hentikan pencarian karena membahayakan penyelam. Sekitar jam 8 malam turun penyelam membuat triangle untuk mempersemoit area blackbox," lanjutnya.

Baca juga: TNI AL Kerahkan 11 KRI Evakuasi Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 di Kepulauan Seribu

Pencarian blackbox diharapkan dapat segera diselesaikan karena benda itu sangat penting dalam investigasi kecelakaan pesawat. Rencananya, kapal Baruna Jaya IV dan beberapa peralatan tambahan akan turun esok hari untuk membantu pencarian.

"Kita saat ini sudah mengoptimalkan pencarian blackbox, dan besok merencanakan Baruna Jaya IV turun dengan beberapa peralatan tambahan," pungkasnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini