Ketua DPR : Pemberian Vaksin Harus Menjangkau Seluruh Lapisan Masyarakat

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Senin 11 Januari 2021 13:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 11 337 2342459 ketua-dpr-pemberian-vaksin-harus-menjangkau-seluruh-lapisan-masyarakat-d7r9Wie2oR.jpg Ketua DPR RI Puan Maharani (Foto : Istimewa)

JAKARTA - Ketua DPR RI, Puan Maharani memberikan apresiasi kepada pemerintah yang dianggapnya sudah begerak cepat dalam menyedikan Vaksin Covid-19 bagi masyarakat.

“DPR RI mengapresiasi pemerintah yang telah bergerak cepat dalam menyediakan Vaksin Covid-19 teruji klinis bagi masyarakat,” kata Puan dalam pidato saat membuka masa persidangan III tahun sidang 2020-2021 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/1/2021).

Baca juga:  Vaksinasi Covid-19, Menkes: Pemerintah Tak Akan Dahului Persetujuan BPOM 

Puan menyebutkan, keberadaan vaksin merupakan upaya Pemerintah untuk menjalankan tujuan bernegara yaitu melindungi rakyat.

Disisi lain, ia menekankan DPR RI akan terus mengawasi persiapan dan pengadaan vaksin yang aman, teruji dan jika telah memiliki ijin dari BPOM serta sertifikasi halal dari MUI.

Baca juga:  Airlangga Hartarto Minta Kader Golkar Kawal Program Vaksinasi Pemerintah

“Pemberian vaksin harus berjalan secara efektif, menyeluruh dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat,” tutur Puan.

Sebelumnya, sebanyak 1,8 juta dosis Vaksin Covid-19 Sinovac asal China kembali tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pada Kamis (31/12/2020). Ini merupakan kedatangan vaksin kloter kedua, setelah sebelumnya 1,2 juta vaksin Sinovac sudah masuk ke Indonesia pada awal Desember 2020.

Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengumkan bahwa status penggunaan vaksin Sinovac suci dan halal. Namun demikian MUI belum mengeluarkan fatwa secara utuh lantaran menunggu izin keamanan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini