Jokowi Dikabarkan Ajukan Komjen Listyo Jadi Calon Kapolri ke Komisi III

Fahmi Firdaus , Okezone · Senin 11 Januari 2021 13:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 11 337 2342458 jokowi-dikabarkan-ajukan-komjen-listyo-jadi-calon-kapolri-ke-komisi-iii-rZsLuVattb.jpg Kabareskrim Komjen Listyo Sigit berbaju coklat (Foto Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan telah menunjuk Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri. Mantan Kapolda Banten itu akan mempimpin Korps Bhayangkara dan menggantikan Jenderal Idham Azis yang memasuki purna tugas.

(Baca juga: Jokowi Serahkan Nama Calon Kapolri ke DPR Hari Ini)

“Informasinya Presiden Jokowi telah menunjuk Komjen Listyo sebagai calon Kapolri,” ujar sumber Okezone yang enggan disebutkan namanya, Senin (11/1/2021).

(Baca juga: Black Box Sriwijaya Air Dikabarkan Ditemukan, Basarnas Fokus Pencarian Korban)

Nama Listyo pun akan diserahkan Jokowi hari ini ke Komisi III DPR RI untuk dilakukan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri).

Sebelumnya, Menko Polhukam, Mahfud MD mengungkapkan, terdapat 5 nama yang diajukan Kompolnas ke Presiden Jokowi. Mereka yang seluruhnya berpangkat Komjen itu adalah, Gatot Edy Pramono, Boy Rafly Amar, Listyo Sigit Prabowo, Arief Sulistyanto, dan Agus Andrianto.

Mahfud menyatakan, kelima jenderal bintang 3 itu dianggap memenuhi syarat profesionalitas, loyalitas serta jam terbang.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini