Mardani Ali Sera: PSBB Tak Akan Efektif Tanpa Ketegasan

Bima Setiyadi, Koran SI · Senin 11 Januari 2021 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 11 337 2342386 mardani-ali-sera-psbb-tak-akan-efektif-tanpa-ketegasan-o8ndqPsBeq.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - PSBB atau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) harus dibarengi dengan ketegasan dan keseriusan dalam penerapannya. Kebijakan pembatasan kegiatan tidak efektif tanpa ketegasan pemerintah.

Hal itu ditegaskan Anggota DPR RI Komisi III, Mardani Ali Sera dalam cuitan di akun Twitter-nya, Senin (11/1/2021).

“Jika tidak diiringi ketegasan & keseriusan dalam penerapannya, kebijakan pembatasan kegiatan berpotensi tdk berjalan efektif. Jangan setengah hati dalam menjalankannya. Pemerintah harus lebih tegas dalam pembatasan aktivitas warga. Mengingat tidak akan efektif jika diberlakukan tidak menyeluruh/parsial," seperti yang dikutip dari @MardaniAlisera, Senin (11/1/2021). 

Sementera itu, Ketua Satgas Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Profesor Zubairi Djoerban meminta agar masyarakat berhenti untuk beraktivitas yang tak penting di luar rumah. Menurutnya, saat ini pihak rumah sakit sudah frustasi dan kewalahan.

"Tolong jadi perhatian. Mau itu PPKM atau PSBB, tapi setop jalan-jalan. Rumah sakit sudah frustrasi dan kewalahan. Lihat RSUD di Magetan atau Tarakan, yang menutup layanan. Ini bukan bohongan. Bukan juga musim flu yang akan berlalu dengan nyaman. Ini tentang ancaman kematian," tulisnya dalam akun twitter @ProfesorZubairi. 

Baca juga: KRL Batasi Jam Operasional Selama Penerapan Pembatasan Jawa-Bali

Zubairi juga meminta agar masyarakat tidak menggunakan face shield tanpa masker dalam beraktifitas. Sebab, face shield tidak berguna mengendalikan penularan virus Covid-19. 

"Karena face shield saja tak ada gunanya. Sungguh, sama sekali tak berguna mau dimodifikasi seperti apapun jika tanpa masker. Tolong tunjukkan kepedulian. Angka kematian akibat Covid-19 itu sudah mencapai 24.129 orang. Mau makin tidak terkendali?," pungkasnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini